Buah dan sayur sebenarnya dapat disimpan lebih lama jika disimpan dengan cara benar. Setelah dibersihkan, Mommy harus tahu di mana dan bagaimana harus menyimpannya agar pasokan buah sayur ini tetap segar dengan rasa yang tidak berubah. Jadi, daripada harus membuang buah dan sayur busuk setiap hari, simak tips menyimpan buah dan sayur agar lebih tahan lama berikut ini.


1. Simpan buah-buahan dan sayur-sayuran dalam kantong produk dengan sirkulasi udara. Hal ini sangat penting untuk membuat buah dan sayuran agar dapat menyerap kelembaban dan udara. Hindari menyimpan dalam kantong tertutup karena cenderung membuat buah lebih cepat rusak. 
 

Cara Tepat Menyimpan Buah dan Sayur Agar Lebih Tahan Lama
source: https://www.pinterest.com/


2. Beberapa buah dan sayur memiliki sensitivitas tinggi terhadap suhu. Menyimpan kentang, bawang, dan bawang putih di tempat-tempat dingin dan gelap dapat memperpanjang daya tahan kesegarannya hingga kurang lebih satu bulan. Namun, buah dan sayur dapat kering jika disimpan dalam tempat yang terlalu rendah seperti dalam lemari es.
 

baca juga


3. Buah-buahan dan sayuran tertentu melepaskan etilena, yaitu zat yang mempercepat proses pematangan. Apel, aprikot, blewah, dan melon sebaiknya disimpan di lemari es agar tetap terjaga kesegarannya. Namun, pastikan untuk menyimpannya terpisah dari sayuran agar etilen yang terpancar tidak menyebabkan sayuran di sekitarnya menjadi layu.
 

Cara Tepat Menyimpan Buah dan Sayur Agar Lebih Tahan Lama
source: https://www.self.com/


4. Berbeda dengan apel dan melon, alpukat, pisang, persik, nektarin, tomat, pir, dan plum, paling baik disimpan di suhu ruangan dan baru boleh disimpan dalam lemari es saat mulai matang agar lebih tahan lama. Ingat, simpan mereka dalam tempat terpisah agar tidak cepat busuk. 
 


5. Keringkan sayuran yang sudah dicuci. Segera mencuci sayuran segar sangat baik untuk dilakukan. Namun, menyimpannya langsung ke dalam lemari es dalam kondisi basah akan membuat lembap suasana di dalam kulkas. Ini akan berisiko menyebabkan pembusukan lebih cepat. Untuk itu, setelah dibilas, keringkan, bungkus dengan handuk kertas, dan simpan dalam wadah terbuka di lemari es.
 

Cara Tepat Menyimpan Buah dan Sayur Agar Lebih Tahan Lama
source: https://www.countryliving.com/


6. Jangan mencuci jamur. Kamu tidak perlu mencuci jamur sebelum disimpan. Untuk penyimpanannya sendiri, jamur lebih disarankan untuk disimpan dalam wadah tertutup di lemari es.
 

baca juga


7. Pisahkan pisang dari tandannya. Perpanjang umur pisang dengan memisahkannya dari tandan. Cara ini dapat memperlambat proses pematangan.
 

Cara Tepat Menyimpan Buah dan Sayur Agar Lebih Tahan Lama
source: https://pexels.com


8. Keluarkan buah-buahan berry dari wadah. Buah beri memiliki tekstur yang lembut dan tidak suka lembab. Angkat dari wadah, cuci dan tepuk-tepuk dengan lembut, dan letakkan dalam satu lapisan di atas tisu dalam sebuah wadah terbuka dan simpan di lemari es.
 


9. Buah jeruk dapat disimpan dalam suhu ruangan. Kamu tidak akan bermasalah dengan jeruk yang disimpan di luar lemari es. Namun, pastikan sirkulasi udara di sekitarnya baik agar tidak cepat busuk.