Masalah anak yang tidak suka mandi dialami oleh banyak ibu. Jadi, kamu tidak perlu merasa buruk karena hal itu. Pahami bahwa ini hanyalah salah satu fase dari pertumbuhan dan perkembangan anak. Meskipun ini juga dapat menjadi indikasi adanya masalah sensorik pada anak, Mommy juga perlu mencari tahu beberapa penyebab yang mengakibatkan anak tidak suka mandi dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini!


1. Mandi Tampak Melelahkan

Bayangkan kamar mandi yang tertutup tanpa jendela, tumpukan botol shampo dan sabun, tirai dan handuk yang memenuhi ruangan, hingga warna lampu yang mungkin redup cenderung gelap. Ini akan menjadi pengalaman dan periode yang melelahkan bagi anak-anak. Itulah sebabnya sangat penting bagi para orangtua untuk menyederhanakan suasana kamar mandi untuk anak. Rangsangan visual yang terlalu banyak akan membuat anak merasa mandi adalah kegiatan yang sangat melelahkan.
 

Penyebab Anak Tidak Suka Mandi dan Cara Mengatasinya
source: https://alphamom.com/


2. Suara Air Saat Mandi Terkesan Mencekam

Tidak hanya ada suara gemuruh air mengisi bak mandi, tetapi juga tetesan-tetesan keran, deru keras toilet pembilasan, dan dengungan kipas ekstraktor udara akan menjadi alasan mengapa anak-anak merasa mandi juga penuh dengan rangsangat audio yang berlebihan. Apalagi jika telinga basah, suara mendadak menjadi teredam dan kembali keras secara tiba-tiba. Ini akan memberikan tekanan luar biasa bagi anak-anak saat sedang mandi. 
 

baca juga


3. Sensitivitas Anak Terhadap Aroma

Shampo dan sabun mungkin akan terasa wangi dan menenangkan bagi kita. Tapi ini tidak berlaku bagi bayi dan balita. Meskipun rangsangan aroma akan sangat baik bagi perkembangan si kecil, sangat penting untuk Mommy mempertimbangkan pemilihan sabun dan shampo dengan aroma ringan dan lembut agar tidak menyakitkan bagi anak saat dihirup.
 

Penyebab Anak Tidak Suka Mandi dan Cara Mengatasinya
source: https://www.healthday.com/


4. Sensasi Tidak Nyaman Saat Mandi

Kulit adalah organ terbesar yang kita miliki. Tidak bisa dipungkiri, akan ada banyak sensasi berbeda yang berlangsung secara bersamaan selama mandi. Mulai dari menanggalkan pakaian dan merasakan udara dingin, masuk ke bak mandi air hangat, dan kembali ke luar bak dengan angin yang dingin. Tentu itu semua akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi sebagian anak. 
 


Cara Mengatasi Anak yang Tak Suka Mandi


Penyebab Anak Tidak Suka Mandi dan Cara Mengatasinya
source: https://justcallburton.com/

Nah, jika si kecil juga sering rewel saat mandi, berikut ini adalah beberapa cara untuk membuatnya lebih tenang saat mandi:

  1. Ciptakan suasana mandi menyenangkan dengan menyiapkan kamar mandi yang lebih lega dan memasang lampu yang lebih terang.
  2. Jika kamar mandimu kecil, Mommy bisa mencari alternatif tempat mandi yang lebih terang seperti di halaman belakang atau dapur.
  3. Siapkan mainan anak saat mandi. Biarkan anak menikmati suasana mandi dengan melakukan aktivitas kesukaannya, yaitu bermain.
  4. Pilih sabun yang ringan dengan aroma lembut agar menghindari ketidaknyamanan karena aroma sabun yang terlalu kuat.
  5. Segera balut si kecil dengan handuk tebal dan lembut untuk memberikan kehangatan setelah keluar dari bak mandi.
 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Mommy agar bisa meredam kerewelan anak saat mandi. Selamat mencoba!