Bagi para orangtua yang diminta untuk bekerja dari jarak jauh di rumah, karantina akan menjadi sebuah tantangan yang sulit untuk dilalui. Pasalnya, mereka harus meluangkan waktu dan tenaga ekstra ketika ingin menyeimbangkan tuntutan kehidupan kerja dan kehidupan rumah beserta anak-anak di masa pandemi virus corona yang harus diperhatikan dengan baik. Untuk itu, pahami beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para ibu bekerja selama melakukan WFH di rumah berikut ini.


1. Buatlah Jadwal
 

Agar Tetap Produktif, Ini Tips WFH Bagi Para Ibu Bekerja
source: https://www.cnbc.com/


Saat kamu memiliki banyak tanggung jawab dan pekerjaan yang harus dilakukan, hal pertama dan paling mendasar yang penting untuk dilakukan adalah mengatur jadwal. Buatlah daftar aktivitas yang harus dilakukan dalam satu hari dan buatlah jadwal untuk melakukan kegiatan tersebut secara lebih teratur dan disiplin. Ini juga penting untuk meningkatkan fokus dan efisiensi dalam bekerja saat kamu tahu bahwa kamu memiliki waktu untuk menyelesaikan semuanya.
 

baca juga


2. Komunikasi dan Kerja Sama 
 

Agar Tetap Produktif, Ini Tips WFH Bagi Para Ibu Bekerja
source: https://www.pinterest.com/


Selama masa karantina ini, tidak hanya Mommy yang memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah. Suami dan anak-anak juga seharusnya mengambil peran untuk melakukan semua kebutuhan demi kepentingan bersama. Ajaklah suami untuk berbagi tugas mengerjakan pekerjaan rumah di sela-sela WFH. Kemudian, untuk anak-anak yang sudah bisa diajak berkomunikasi, mintalah pengertiannya untuk bersabar selama Mommy sedang bekerja.
 


3. Manfaatkan Waktu Tidur Siang Anak
 

Agar Tetap Produktif, Ini Tips WFH Bagi Para Ibu Bekerja
source: https://parenting.firstcry.com/


Jangan pernah sepelekan waktu tidur siang anak. Saat anak sedang tidur siang, maksimalkan waktu untuk melakukan kegiatan yang tidak bisa dilakukan. Mommy mungkin bisa menjadwalkan pekerjaan yang membutuhkan fokus tinggi untuk dilakukan saat anak sedang tidur. 
 

baca juga


4. Pastikan Anak Tetap Terhibur dan Sibuk
 

Agar Tetap Produktif, Ini Tips WFH Bagi Para Ibu Bekerja
source: https://cnbcfm.com


Mommy dapat mencari berbagai alternatif kegiatan untuk anak selama karantina. Hal ini penting untuk memastikan anakmu tidak merasa bosan saat kedua orangtuanya sedang sibuk bekerja. Kamu bisa menjadwalkan untuknya waktu untuk menonton tayangan edukatif, membaca buku, bermain, tidur siang, dan melakukan banyak kegiatan kreatif yang menarik lainnya.
 


5. Luangkan Waktu Istirahat
 

Agar Tetap Produktif, Ini Tips WFH Bagi Para Ibu Bekerja
source: https://www.zippia.com/


Mungkin karantina ini akan menjadi periode yang sangat berat bagi para ibu bekerja. Segala tanggung jawab yang menumpuk dalam satu tempat memang akan membuat seseorang bisa menjadi kewalahan. Untuk itu, pastikan agar selalu meluangkan waktu istirahat dengan menjadwalkan shift mengurus anak dan rumah bersama pasangan.