Pemerintah sudah menerapkapkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mengurangi risiko penyebaran COVID-19, khususnya di daerah episentrum, yaitu Jabodetabek. Itu artinya, semua aktivitas bekerja, sekolah, dan beribadah harus dilakukan di rumah.

Para ayah yang biasa menghabiskan banyak waktu di kantor menjadi harus berdiam diri di rumah. Bagi para pekerja kantoran, tentu kebijakan untuk work from home atau WFH menjadi hal yang harus dilakukan. Namun, tidak semua ayah bisa sepenuhnya produktif bekerja dari rumah. Ini dia beberapa tipe ayah saat WFH.
 


1. Kantor Pindah ke Rumah

Tipe-Tipe Ayah Saat WFH, Kira-Kira Suamimu yang Mana, Moms?
source: https://www.ttl.fi/


Tipe ayah yang satu ini adalah tipe ayah yang berdedikasi tinggi untuk meluangkan waktu semaksimal mungkin untuk bekerja. Jika jam kerjanya adalah pukul 9 pagi hingga 5 sore, ia akan standby di depan laptop dalam periode itu. Ayah yang seperti ini biasanya hanya bisa diganggu saat makan siang. Rasanya seperti kantor pindah ke rumah!

2. Rumah Rasa Kafe

Nah, kalau yang satu ini biasanya cenderung dilakukan oleh mereka yang bekerja di start-up. Lingkungan kerja yang lebih santai membuat para ayah bekerja dengan lebih rileks. Hal yang bikin tipe ayah ini menjadi lebih berbeda adalah biasanya mereka akan sering meminta istrinya untuk membuatkan kopi atau camilan selama bekerja. Benar-benar seperti saat sedang ada di kafe.

baca juga


3. Main Game dan Bersantai

 

Tipe-Tipe Ayah Saat WFH, Kira-Kira Suamimu yang Mana, Moms?
source: https://www.wsj.com/


Kalau yang satu ini biasanya tipe pekerja yang akan fokus saat memang ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Ketika sedang lengang, ayah tipe ini akan menyalakan game favoritnya dan bermain sampai ada notifikasi pekerjaan baru. Bagi ayah tipe ini, WFH jangan dibawa pusing, apalagi stres! Kita harus santai selama pandemi agar daya tahan tubuh kuat!

4. Totalitas Urus Anak

Punya anak balita biasanya berarti ayah memiliki bos baru di rumah. Si kecil mungkin akan terus mengajak sang ayah bermain hingga akhirnya ayah-ayah pengurus anak ini harus bekerja sambil mengurus anak. Tak jarang ayah tipe ini akan tetap meluangkan waktu untuk mengganti popok anak atau membacakan cerita di sela-sela bekerja.


5. Jadi Koki dan Guru 

 

Tipe-Tipe Ayah Saat WFH, Kira-Kira Suamimu yang Mana, Moms?
source: https://www.medium.com/

Terakhir, ada pula tipe ayah yang tiba-tiba beralih profesi saat di rumah. Memiliki waktu luang lebih banyak membuat ayah tipe ini berkeinginan untuk melakukan banyak hal di rumah. Mulai dari memasak untuk keluarga hingga standby untuk mengajari anak yang harus belajar dari rumah dan mendapatkan banyak tugas dari sekolah. 


Kira-kira suamimu tipe yang mana, Moms?