Air rendaman timun atau infused water timun juga punya segudang manfaat untuk tubuh lho, Moms. Apa lagi di tengah wabah virus Corona ini, rutin meminum air rendaman timun bagus untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus penyakit.

Selain itu, air rendaman timun juga bisa dijadikan sebagai obat alami asam urat. Caranya, moms cukup merendam irisan tipis 2 buah timun atau sesuai selera ke dalam air minum. Diamkan semalaman atau sekitar 12 jam dan simpan di dalam lemari es. Moms bisa menambahkan lemon atau madu untuk menambah khasiatnya.

Berikut manfaat rutin meminum air rendaman timun untuk kesehatan:

Memperkuat Imunitas


Memperkuat Imunitas
source: https://pixabay.com/

Air rendaman timun kaya vitamin C dan vitamin B kompleks yang membantu tingkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C di dalam timun juga menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan proses penyembuhan.

baca juga

Menguatkan Tulang dan Otot


Menguatkan Tulang dan Otot
source: https://pixabay.com/

Vitamin K dalam timun sangat tinggi, berguna untuk memproduksi protein yang dibutuhkan oleh tulang dan jaringan-jaringan pembentuknya. Satu gelas air rendaman timun dapat memenuhi hampir 20% dari kebutuhan harian vitamin K oleh tubuh.

Detoks Tubuh


Detoks Tubuh
source: https://tastemade.com/

Sifat diuretik pada timun memicu produksi air seni dan mendorong racun-racun untuk keluar dari tubuh. Timun juga dapat membersihkan hati dan membantu organ tubuh bekerja lebih efektif.

baca juga

Menurunkan Asam Urat


Menurunkan Asam Urat
source: https://seedsnc.org/

Air rendaman timun dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Air rendaman timun juga dapat menghilangkan kreatinin, asam urat dan limbah lainnya yang menumpuk di ginjal.

Menurunkan Kolesterol


Menurunkan Kolesterol
source: https://www.happyfoodstube.com

Timun juga mengandung sterol yang membantu mengeluarkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi dan menyehatkan jantung. Rutin minum air rendaman timun membantu melancarkan aliran darah.

Menurunkan Berat Badan


Menurunkan Berat Badan
source: https://www.pranin.com/

Air rendaman timun menghindari tubuh alami dehidrasi. Infused water timun ini membuat Moms terasa kenyang lebih lama dengan kadar kalori sangat rendah. Serat pada timun juga bantu melancarkan sistem pencernaan lho, Moms.

Mencegah Kanker


Mencegah Kanker
source: https://thewellnessproject.me/

Senyawa kimia cucurbitacins dan sejumlah nutrisi yang disebut lignans dapat mencegah kanker. Serat dalam timun juga diketahui dapat mencegah kanker prostat.