Beri Pengertian


Beri Pengertian
source: https://news.detik.com/berita/d-4826466/viral-biaya-tk-mahal-begini-cara-mendidik-anak-menurut-islam

Ketika anak ingin ikut berpuasa, sebaiknya para orang tua terlebih dulu menjelaskan cara berpuasa, seperti mengapa perlu menjalankan puasa, kapan boleh makan, kapan tidak boleh makan, serta hal apa yang tidak boleh dilakukan selama berpuasa. Dengan begitu, anak akan memahami dan mudah mengikutinya. 

Jangan Memaksa


Jangan Memaksa
source: https://health.detik.com/anak-dan-remaja/d-2950507/asal-begini-kondisinya-anak-sudah-bisa-diajari-puasa-sejak-umur-5-tahun

Meski puasa merupakan hal positif, memaksa anak menjalankannya bukan hal baik dan tepat, terlebih mereka belum wajib berpuasa secara agama. Karena itu, orang tua tidak perlu memaksa. Ajarkan anak berpuasa secara perlahan dan beri kelonggaran. 

Misalnya, anak meminta makan saat sudah beberapa jam berpuasa, maka orang tua wajib memberinya. Sebab, anak masih dalam masa pertumbuhan sehingga masih membutuhkan banyak nutrisi. Perlu diketahui, anak juga belum memiliki organ hati yang sempurna untuk menyimpan cadangan energi. 

baca juga

Puasa Makanan Tertentu


Puasa Makanan Tertentu
source: https://food.detik.com/info-kuliner/d-4393850/ini-pentingnya-nutrisi-anak-usia-sekolah-harus-tercukupi

Lantaran masih dalam pertumbuhan, cara lain yang dapat dilakukan orang tua adalah mengajarkan anak berpuasa makanan tertentu, lebih tepatnya makan yang tidak sehat bagi anak. Hal ini setidaknya dapat membantu menghilangkan pola makan yang buruk serta menghentikan kebiasaan jajan. Misalnya, minta anak untuk berpuasa junk foodsnack, cokelat, juga es.

Ajak Anak Berbuka dan Sahur


Ajak Anak Berbuka dan Sahur
source: https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-4988458/5-makanan-sehat-untuk-makan-sahur-agar-kuat-puasa-seharian

Mengajarkan anak berpuasa bisa dibilang gampang-gampang susah. Namun, Moms bisa mulai dengan mengajak anak ikut berbuka puasa, makan sahur, serta  tidak sarapan. Setelah anak mulai terbiasa, orang tua dapat mengajarkan anak menahan rasa lapar kurang-lebih tiga sampai empat jam. Dengan begitu, lama kelamaan anak dapat menjalani ibadah puasa secara penuh.

baca juga

Beri Reward


Beri Reward
source: https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-3364914/4-tips-agar-si-kecil-tak-kecanduan-gadget

Biasanya, anak-anak akan semangat melakukan sesuatu bila ada reward atau hadiah. Para orang tua perlu memberikan reward ketika anak berhasil menjalankan puasa selama beberapa hari agar mereka merasa senang dan tertantang untuk menjalani puasa pada hari-hari berikutnya. Hadiah tak perlu mahal. Bisa berupa pemberiaan waktu senggang. Misalnya, anak boleh bermain games selama satu jam atau boleh mengonsumsi makanan kesukaan si kecil ketika berbuka nanti.