Ceker ayam biasanya diolah menjadi beragam kudapan. Seperti dimsum, sop, soto, ceker goreng hingga menu favorit ceker mercon dengan bumbu pedasnya yang menggoyang lidah.

Sayangnya, tak semua orang pandai mengolah ceker ayam. Jika salah cara mengolahnya, ceker ayam malah alot dan tak bisa dimakan. Lalu bagaimana cara tepat mengolah ceker ayam? Biasanya ceker direbus dengan menggunakan panci presto agar cepat empuk. Tapi ada lho cara lain mengolah ceker ayam tanpa dipresto! Berikut cara memasak ceker agar empuk dan gurih:

Cuci dan Bersihkan Ceker Ayam


Cuci dan Bersihkan Ceker Ayam
source: https://chanelmuslim.com/

Sebelum dimasak, cuci dan bersihkan dulu ceker ayam. Buang atau kuliti lapisan kulit luar ceker yang keras dan tebal. Rendam terlebih dahulu ceker dalam air panas agar kulit terluarnya melunak dan mudah dikupas. Potong kuku atau bagian ujung ceker. Lalu iris bagian tengah ceker yang terlihat tebal menonjol dan keras. Selanjutnya cuci ceker di bawah air mengalir sambil digosok perlahan agar kotoran yang menempel larut dalam air.

baca juga

Rebus Ceker


Rebus Ceker
source: https://kueresep.com/

Selanjutnya rebus ceker ayam dalam campuran air garam dan jeruk nipis sekitar 30 menit sampai 1 jam dengan api kecil. Hal ini bertujuan agar ceker terasa empuk dan tak berbau amis. Setelah empuk dan tak bau amis, tiriskan ceker dan buang air rebusannya. Air rebusan ceker yang pertama ini tidak disarankan untuk dijadikan kaldu karena aromanya amis dan sedikit berlemak. Untuk mendapatkan kuah kaldu ayam yang lebih nikmat, rebus kembali ceker ayam dan tunggu sekitar 5 menit.

Goreng Setengah Matang


Goreng Setengah Matang

Tiriskan hingga ceker tak terlalu basah. Langkah selanjutnya goreng ceker setengah matang dengan minyak panas. Hati-hati dengan cipratan minyak panas saat menggoreng ceker. Angkat dan tiriskan.

baca juga

Rendam Dalam Air Es


Rendam Dalam Air Es
source: https://joriskitchenrecipebook.blogspot.com/
Setelah digoreng setengah matang, rendam ceker dalam air es. Hal ini bertujuan agar ceker mengembang dan terlihat tebal. Tunggu dan diamkan hingga ceker mekar dan tebal. Setelah ceker mengembang, angkat dan tiriskan. Ceker siap dimasak dengan bumbu sesuai selera.