Saat anak tumbuh dan berkembang, mereka akan cenderung menjadi individu yang lebih memperhatikan diri mereka sendiri. Ini adalah fenomena yang sangat normal ketika anak-anak mulai memahami konsep siapa mereka dan melalui dinamika budaya serta sosial yang baru. Namun, sebagai orangtua, Mommy jg perlu menanamkan pentingnya nilai-nilai kepedulian agar anak tidak menjadi sosok yang egois.
 

Rahasia Agar Anak yang Peduli Sesama dan Tidak Egois, Ini Dia yang Harus Mommy Tahu
source: https://www.tribecaplaytherapy.com/


1. Kenali Penyebabnya

Mulailah dengan mencari inti masalahnya, yaitu dengan mencari tahu penyebab keegoisan anak. Apakah sifat ini merupakan sesuatu yang baru? Apakah ia sering berkelahi dengan saudara-saudaranya? Apakah aturan yang Mommy terapkan terlalu longgar? Apakah ada masalah di sekolah? Pahami bahwa lingkungan memiliki kontribusi yang besar dalam menyebabkan anak menjadi egois.
 


2. Jadilah Orangtua yang Tegas

Untuk memperbaiki perilaku anak, beri tahu dia bahwa perilaku seperti itu tidak akan ditoleransi. Mommy harus konsisten dan tegas karena ini mungkin akan sulit jika kamu cenderung longgar dan santai dengan anak-anak. Tetapkan aturan bahwa keegoisan tidak boleh untuk dilakukan di rumah. Berikan juga konsekuensi yang jelas untuk keegoisannya. Misal, saat ia tidak mau berbagi makanan, berikan hukuman pada waktu camilan berikutnya di mana ia tidak boleh mendapatkan camilan.
 

Rahasia Agar Anak yang Peduli Sesama dan Tidak Egois, Ini Dia yang Harus Mommy Tahu
source: https://www.allprodad.com/


3. Ajarkan Empati

Bangun rasa kepedulian anak pada orang lain dimulai dengan cara membuatnya selalu berpikir ulang apakah hal yang dilakukannya merugikan, mengecewakan, atau membuat orang lain menjadi sedih? Mengajarkan empati juga bisa dimulai sejak dini dengan membacakan anak buku cerita dan mulai memperkenalkan sifat-sifat baik dan sifat-sifat buruk.
 

baca juga


4. Berikan Kejelasan tentang Apa Itu Egois

Anak mungkin masih belum paham apa itu egois sebenarnya. Jadi, Mommy bisa memperjelasnya dengan mengatakan bahwa ia egois saat ia melakukan hal-hal hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Sebaliknya, berikan pujian dan apresiasi jika anak menunjukkan kepeduliannya terhadap orang lain. Jadi ia akan dapat memahami perbedaan konsep antara egois dan peduli sesama.
 

Rahasia Agar Anak yang Peduli Sesama dan Tidak Egois, Ini Dia yang Harus Mommy Tahu
source: https://compote.slate.com/


5. Jadilah Role Model

Terakhir, tidak bisa dipungkiri jika anak akan tumbuh menjadi seseorang yang serupa dengan orangtuanya. Mereka adalah peniru ulung di mana semua sifat dan perilaku orangtua akan diikuti dengan sangat baik. Dengan kata lain, sangat penting peranan orangtua dan orang-orang yang lebih besar lain di sekitarnya untuk mendidiknya menjadi anak yang lebih peduli sesama dan memiliki empati tinggi.