1. Berikan Asupan Kaya Nutrisi

Sajikan menu dengan komposisi lebih banyak buah dan sayuran. Wortel, kacang hijau, jeruk, strawberry adalah asupan buah dan sayur yang mengandung karoten. Zat ini merupakan fitonutrien yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Fitonutrien dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan interferon tubuh yang melawan infeksi. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa diet yang penuh dengan asupan fitonutrien juga dapat melindungi dari penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung di usia dewasa. 
 

Moms, Yuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak dengan Cara Ini
source: https://www.sarahremmer.com/


2. Jadwalkan Waktu Tidur yang Cukup

Penelitian terhadap orang dewasa menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit dengan mengurangi sel imun yang merupakan senjata sistem kekebalan untuk menyerang mikroba dan sel kanker. Menurut Kathi Kemper, M.D., Direktur Pusat Pendidikan dan Penelitian Pediatrik Holistik di Rumah Sakit Anak, Boston, hal ini juga berlaku pada anak-anak. Jadi, pastikan mereka mendapatkan tidur yang cukup sesuai kebutuhannya.
 


3. Berikan ASI Eksklusif di 6 Bulan Pertama

ASI mengandung antibodi penambah kekebalan tubuh dan sel darah putih. Ini dapat menjadi penjaga bayi terhadap infeksi telinga, alergi, diare, pneumonia, meningitis, infeksi saluran kemih, dan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Penelitian menunjukkan bahwa itu juga dapat meningkatkan kekuatan otak bayi dan membantu melindunginya dari risiko diabetes tergantung insulin, penyakit Crohn, radang usus, dan beberapa jenis kanker di kemudian hari. Kolostrum yang keluar pada beberapa hari pertama setelah kelahiran juga dapat membantu anak mendapatkan tubuh yang lebih imun. Kandungannya sangat kaya akan antibodi penangkal penyakit.
 

Moms, Yuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak dengan Cara Ini
source: https://health.clevelandclinic.org/


4. Ajak Anak untuk Aktif Berolahraga 

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan jumlah sel imun tubuh. Menurut Ranjit Chandra, M.D., seorang ahli imunologi pediatrik di Memorial University of Newfoundland, hal ini juga berlaku dengan anak-anak di mana aktivitas fisik bisa membantunya mengembangkan sistem imun. Kegiatan keluarga yang menyenangkan seperti mengendarai sepeda, bola basket, dan tenis dapat menjadi alternatif olahraga yang seru dan menyehatkan.
 

baca juga


5. Menjalani Gaya Hidup Sehat 

Melawan kuman dengan menjaga kebersihan dan higienitas memang tidak otomatis meningkatkan imunitas. Namun, ini merupakan cara yang bagus untuk mengurangi tekanan dan paparan kuman penyakit pada sistem kekebalan anak. Pastikan anak-anak dibiasakan untuk sering mencuci tangan dan dengan sabun. Mommy harus memberi perhatian khusus pada kebersihan mereka sebelum dan sesudah makan dan setelah bermain di luar, menangani hewan peliharaan, menyeka hidung, buang air, dan saat pulang ke rumah.