Meningkatkan Kognitif Anak


Meningkatkan Kognitif Anak
source: https://health.detik.com/anak-dan-remaja/d-3324800/mendongeng-sebelum-tidur-pada-anak-banyak-manfaatnya-lho-tak-percaya

Para orang tua saat ini lebih memilih teknologi digital untuk menghibur anak daripada membacakan buku cerita atau mendongeng. Padahal, kegiatan mendongeng memiliki segudang manfaat bagi perkembangan anak, salah satunya meningkatkan kemampuan kognitif. Ketika orang tua mendongeng, anak akan mendengarkan. Tanpa disadari otak anak akan aktif. Ia akan memperhatikan serta termotivasi untuk memahami. Hal ini menunjukkan keterlibatan kognitif anak dalam menyelami alur cerita. 

Mengembangkan Imajinasi


Mengembangkan Imajinasi
source: https://wolipop.detik.com/parenting/d-1918952/tips-mendongeng-yang-tidak-membuat-si-kecil-bosan

Saat orang tua berdongeng, anak akan membayangkan kisah, tokoh, juga benda-benda dalam cerita yang mereka dengar. Tentu saja hal ini dapat melatih sekaligus meningkatkan imajinasi dan kemampuan visualisasi anak. Seperti diketahui, imajinasi dapat bermanfaat bagi kecerdasan, bakat, serta menimbulkan rasa ingin tahu yang tinggi pada anak. 

baca juga

Menambah Kemampuan Bahasa dan Kosakata


Menambah Kemampuan Bahasa dan Kosakata
source: https://health.detik.com/anak-dan-remaja/d-2266694/mendongeng-seni-kuno-yang-mampu-tingkatkan-imajinasi-anak

Tak hanya meningkatkan imajinasi, membacakan dongeng atau buku cerita kepada anak juga dapat meningkatkan kemampuan berbahasa. Ketika ayah atau ibu berdongeng, anak menyerap berbagai kosakata, termasuk kosakata baru, yang diucapkan orang tua, sehingga menambah jumlah kosakata sekaligus pengetahuan baru bagi si kecil. Selain itu, bagi anak yang belum bisa atau lancar berbicara, mendongeng dapat menjadi sarana mengajarkan anak berbicara. 

Mempererat Hubungan


Mempererat Hubungan
source: https://wolipop.detik.com/parenting/d-1770620/cara-efektif-membacakan-anak-buku-cerita-

Kesibukan orang tua tak jarang membuat pertemuan serta komunikasi antara anak dan orang tua menjadi berkurang. Dengan mendongeng, dapat mempererat hubungan orang tua dan anak serta komunikasi menjadi intens. Sebaiknya, luangkan waktu minimal setengah jam setiap malam untuk membacakan buku cerita kepada anak sebelum tidur.  

baca juga

Menumbuhkan Minat Baca

Menumbuhkan Minat Baca
source: https://health.detik.com/ibu-dan-anak/d-3499774/yuk-biasakan-bacakan-buku-sejak-si-kecil-masih-bayi

Manfaat lain dari mendongeng adalah memperkenalkan budaya membaca kepada anak, sehingga menumbuhkan minat baca. Anak yang kerap dibacakan dongeng sejak kecil, lama kelamaan akan terbiasa membaca buku serta menganggap buku sebagai benda yang menyenangkan. Apalagi anak yang hobi membaca memiliki kecerdasan lebih dibanding mereka yang suka menonton.