Melansir dari What to Expect, ada beberapa alasan mengapa seorang anak memiliki teman khayalan. Pertama, teman khayalan memberi anak-anak kesempatan untuk mengendalikan lingkungan mereka. Sementara itu, teman di kehidupan nyata biasanya akan menyebabkan konflik di mana mereka mungkin mengambil mainan mereka atau tidak setuju dengan permainan apa yang harus dimainkan bersama. Ini membuat mereka kehilangan kuasa atas diri mereka sendiri. Sebalinya, teman khayalan tidak akan melakukannya, itulah sebabnya imaginary friend menjadi sosok teman yang ideal bagi anak.
 

Hal Penting yang Harus Mommy Tahu Seputar Anak-Anak dan Imaginary Friend
source: https://www.sciencefriday.com/


Kedua, teman khayalan biasanya menjadi kambing hitam untuk ia salahkan atau kesalahan yang dilakukannya. Misalnya, saat Mommy menemukan mainannya berantakan, ia akan menyalahkan teman khayalannya sebagai pelakunya. Selain itu, teman khayalannya juga dapat menjadi media baginya untuk mengeluarkan emosi. Ia mungkin ragu jika harus mengatakan bahwa ia takut, jadi ia mengatakan bahwa temannya itu takut sebagai alasan.
 


Ketiga, teman khayalan juga dapat membantu membangun rasa aman dan nyaman anak saat ia sedang ragu dan khawatir. Teman imajiner ini menawarkan kesempatan untuknya bisa tampil dengan kepercayaan diri dan keberanian. Seorang balita bisa memposisikan diri sebagai sosok yang berani dan pelindung bagi teman imajinernya.  
 

Hal Penting yang Harus Mommy Tahu Seputar Anak-Anak dan Imaginary Friend


Terakhir, teman khayalan juga bisa memberikan hubungan persahabatan ideal yang mungkin sulit didapatkan dari teman sejati sekalipun. 

Sebagian orang tua mengaku khawatir dengan keberadaan teman khayalan anak mereka dapat mengalihkan anak dari hal-hal yang nyata. Akan tetapi, para peneliti telah menemukan bahwa bukan itu risikonya. Sebaliknya, anak-anak dengan teman khayalan dapat mengembangkan diri lebih baik karena bisa melatih kemampuan sosial secara mandiri, mengembangkan kemampuan kosa kata yang aktif, hingga kemampuan hebat untuk bermain mandiri.