Kemampuan anak-anak untuk melihat hal-hal ghaib ternyata tidak hanya dipercaya oleh orang zaman dulu saja. Faktanya, beberapa ahli dan peneliti juga melakukan penelitian lebih dalam tentang hal ini. Mereka bahkan mengungkap bahwa alasan dari kemampuan ini  ternyata adalah rasa ketakutan dan kekhawatiran yang teramat besar. Berbeda dengan orang dewasa yang kian matang sehingga meminimalisir pemikiran tentang keberadaan makhluk halus. 

 

Alasan Mengapa Anak Bisa Melihat Makhluk Halus
source: https://www.pinterest.com/


Selain itu, kemampuan anak dalam melihat hantu juga disebabkan oleh pengaruh dari perkembangan dan pertumbuhannya seiring dengan pertambahan usia. Perlu diketahui, mata bayi hanya memiliki 380nm spektrum elektromagnetik, di mana ini merupakan kemampuan penglihatan yang dapat menangkap gelombang sinar UV dan infra merah. Berdasarkan fakta ini, para ahli menyatakan bahwa makhluk halus memiliki bentuk sinar UV dan infra merah. Itulah sebabnya anak-anak dapat melihatnya. 
 


Di sisi lain, orangtua zaman dulu memiliki kepercayaan secara spiritual, di mana anak-anak kecil masih ada yang 'menemani', yaitu arwah para leluhur. Beberapa orang menyangkut pautkannya sengan sosok yang disebut sebagai teman imajiner atau khayalan. Jika anak-anak sedang melihat ke sudut ruangan, perhatikanlah apakah ia sedang melakukan komunikasi secara perlahan. Itu mungkin dapat menjadi pertanda ia sedang berkomunikasi dengan teman khayalan.
 

Alasan Mengapa Anak Bisa Melihat Makhluk Halus
source: https://hauntedattractiononline.com/


Lalu, apa yang harus kita lakukan jika anak melihat sosok ghaib? Yang pasti, jangan memarahi atau menertawakannya. Berikan validasi apa yang dialaminya adalah hal yang nyata dan bantu ia merasa tenang dengan mengatakan bahwa Mommy akan menjaganya. Selain itu, jangan lupa pula untuk. mengajarkan anak doa-doa agar ia dapat selalu terjaga dan dilindungi dari hal yang buruk.