Bubur sumsum merupakan hidangan pencuci mulut tradisional yang memiliki tekstur lembut dan beraroma pandan. Kombinasi gurih dan manis dalam kudapan ini memang menjadikannya salah satu alternatif hidangan bersama keluarga di kala santai. Menu ini juga bisa menjadi pilihan untuk camilan spesial anak-anak dengan hidangan tradisional. Tentu si kecil juga perlu mencoba pilihan menu camilan khas Indonesia, bukan? Nah, jika Mommy tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah, berikut ini adalah rekomendasi resep bubur sumsum rumahan yang praktis dan dijamin anti gagal. Yuk, coba!

Bubur Sumsum

Kudapan manis yang satu ini memang sangat enak untuk disantap di sore hari ketika bersantai dengan keluarga. Namun, banyak pula yang mengonsumsinya sebagai menu sarapan yang ringan namun mengenyangkan. Bubur sumsum memiliki tekstur yang lembut dengan cita rasa gurih dan manis. 

Lembut dan Gurih, Yuk Coba Resep Bubur Sumsum Ini
source: https://www.amanprana.eu/


Resep Bubur Sumsum

Bahan-bahan

  • 100 gram Tepung beras
  • 800 ml Santan 
  • 1 sdt Garam
  • 6 lembar Daun pandan

 

Lembut dan Gurih, Yuk Coba Resep Bubur Sumsum Ini
source: https://caramembuat.id/


Cara membuat

  1. Langkah pertama, siapkan santan sebanyak kurang lebih 600 ml. Jika sudah, bagi santan tersebut menjadi 2 gelas.
  2. Selanjutnya, rebus 1 gelas santan bersama dengan 5 lembar daun pandan dengan menggunakan api kecil, rebus santan sambil terus diaduk.
  3. Setelah itu, ambil segelas santan lainnya dan campur dengan tepung beras. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tidak menggumpal. Jika sudah, tambahkan 1 sendok teh garam. Aduk lagi hingga merata.
  4. Apabila sudah, campurkan adonan tepung dan santan ke dalam rebusan santan yang sudah direbus. Ingat, masukkan perlahan dan terus diaduk agar adonan tidak menggumpal.
  5. Setelah semua tercampur rata, matikan api. Di panci terpisah, rebus gula merah dengan air untuk dijadikan kuah. Tambahkan juga daun pandan untuk menambah aroma. 
  6. Selanjutnya, rebus sisa santan sebanyak kurang lebih 200 ml untuk dijadikan sebagai kuah.
  7. Bubur sumsum siap untuk disajikan. Mommy bisa menyajikannya dengan menuang bubur sumbum dengan disiram kuah.
baca juga


Tips

Meskipun cara membuat bubur sumsum ini sangat sederhana, Mommy tetep harus memperhatikan beberapa hal agar dapat memastikan teksturnya lembut dan merata. Pastikan proses awal mencampur tepung beras dengan santan dilakukan sebagian, sedangkan santan sisanya direbus terlebih dahulu.