Tumbuh dan berkembang di era digital tentu memberikan dampak pada perilaku anak-anak. Mereka memang besar bersama dengan akses digital. Tidak heran jika anak-anak masa kini lebih terbiasa dengan kehidupan online dibandingkan dengan anak-anak zaman dulu.

Faktanya, mendapatkan akses pada gadget dan teknologi dalam kadar yang sedang, termasuk bermain game online, memberikan manfaat bagi anak. Namun, saat ini sudah menjadi berlebihan, itu artinya orang tua sudah harus secara serius membatasi waktu bermain anak-anak mereka. Simak tips mengatasi anak yang kecanduan bermain game berikut ini.


1. Komunikasikan Permasalahan Pada Anak 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membangun komunikasi yang baik untuk menjelaskan kepadanya bahwa game adalah hiburan dan bukan bagian utama dari kehidupan. Buat dia sadar bahwa kemenangannya di dunia game adalah virtual atau khayalan. Itu berarti, jago bermain game tidak ada hubungannya dengan kesuksesan kehidupan nyata. Bermain game terus menerus akan berdampak serius pada kemampuan akademik dan sosial.

Si Kecil Kecanduan Bermain Game? Ini Dia Langkah Tepat untuk Mengatasinya
source: https://www.recoveryranch.com/


2. Sepakati Waktu Bermain yang Wajar

Tentukan waktu yang wajar bagi anak untuk bermain dalam jumlah cukup setiap waktunya. Mungkin dengan bermain game anak-anak bisa melatih kemampuan analisis dan bahasa Inggris. Namun, ketahui bahwa itu semua tetap harus dibatasi untuk mencegah ketergantungan yang berlebihan. Rekomendasi waktu yang baik adalah satu jam di hari sekolah, dan 2 - 3 jam pada akhir pekan.
 


3. Buat Aturan dan Tegas dalam Pelaksanaannya

Buatlah aturan khusus untuk batas waktu bermain game dan bersikap tegas dalam menjalani aturannya. Jelaskan kepada anak secara spesifik berapa lama ia diperbolehkan untuk bermain. Pastikan Mommy selalu memantaunya agar dia tidak menggampangkan aturan yang sudah kamu buat.  
 

Si Kecil Kecanduan Bermain Game? Ini Dia Langkah Tepat untuk Mengatasinya
source: https://www.newagebd.com/


4. Buatlah Konsekuensi Jika Ada Pelanggaran

Buat konsekuensi untuk pelanggaran aturan. Hal ini bisa berupa pengurangan waktu bermain untuk ke depannya. Hukuman atas sebuah pelanggaran aturan harus dilakukan setimpal dan sesuai. Jangan memberikan hukuman yang tidak ada hubungannya dengan bermain game agar anak bisa benar-benar memahami apa itu konsekuensi.
 

baca juga


5. Berikan Apresiasi Jika Anak Berprestasi

Jadikan waktu bermain game sebagai hadiah. Saat anak bisa mengatur waktu bermainnya dengan baik, ia mungkin akan mendapatkan nilai yang bagus saat ujian. Jika itu berhasil didapatkan anak, jangan ragu untuk memberikannya sebuah hadiah berupa waktu bermain tambahan di akhir pekan. Namun, waktu bermain tambahan ini juga tetap harus dibatasi. Dengan begitu anak akan paham prioritasnya untuk belajar dan game sebagai hiburan semata