Sudah menjadi rahasia umum jika ibu mertua selalu memiliki masalah dengan menantu perempuan. Entah apa penyebabnya, sebagian ibu mertua memang tidak pernah memiliki hubungan baik dengan menantunya. Alih-alih menjadikannya sebagai anak, banyak dari menantu perempuan yang merasa ibu mertuanya menganggap dirinya sebagai saingan.

Bahkan, ada pula anak menantu yang selalu mendapatkan kritikan pedas dari ibu mertuanya. Jika Mommy mengalami hal ini, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mertua yang suka menyindir. Yuk, simak ulasannya!


1. Bicarakan Langsung Baik-Baik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membicarakan langsung permasalahanmu dengan ibu mertua secara baik-baik. Ketahui bahwa solusi mendasar atas sebuah masalah adalah komunikasi. Saat mertuamu menyindirmu yang jarang menyiapkan bekal untuk suamimu, kamu bisa menjelaskan secara langsung alasan mengapa kamu tidak bisa selalu menyiapkan makanan untuk bekal makan siang. Mungkin ia akan sedikit canggung, tapi jangan khawatir karena ini akan dapat membuatnya memahami apa yang sebenarnya kamu rasakan dan alami.

Mertua Sering Menyindirmu? Ini Dia Cara Tepat untuk Mengatasinya
source: https://www.idisciple.org/


2. Rencanakan Sesuatu untuk Mertua dan Pasanganmu

Tidak bisa dipungkiri, salah satu alasan mengapa ibu mertua kerap bermasalah dengan anak menantu perempuannya adalah karena rasa cemburu dan iri. Anak laki-lakinya kini sudah memiliki pasangan yang secara penuh mengurus dan mendampinginya. Ini kerap membuat ibu mertua menjadi kehilangan sosok anak laki-laki yang bertahun-tahun bersamanya. Cobalah untuk memberikan waktu bersama khusus untuk mertuamu dan anaknya. Hal ini mungkin akan bisa mengatasi rasa rindunya pada sang anak laki-laki.
 


3. Bicarakan dengan Pasanganmu

Selanjutnya, jika hal itu masih belum bisa membuat mertuamu berubah menjadi lebih baik. Mintalah suamimu untuk mengambil langkah dalam menciptakan batasan antara hubungan keluarga kecilmu dengan orangtua. Kalian berdua harus bisa bersikap tegas untuk melindungi keluarga kecil kalian dari rasa tidak nyaman dan takut akan orang luar. Kalian berdua harus sadar bahwa kini kalian sedang membangun keluarga baru. Tidak boleh ada satupun orang yang boleh ikut campur.
 

Mertua Sering Menyindirmu? Ini Dia Cara Tepat untuk Mengatasinya
source: https://www.psychologytoday.com/


4. Biarkan Mertuamu Melakukan Sesuai Keinginannya

Jika mertuamu masih belum menunjukkan perubahan, mungkin ini saatnya untuk meningkatkan lagi kesabaran. Bagaimanapun juga ia adalah ibu dari pasanganmu dan kamu harus menerimanya dengan lapang dada. Mungkin ini akan menyiksa pada satu atau dua tahun pertama pernikahan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu kamu akan terbiasa dan tidak menganggap sindirannya sebagai hal yang serius.
 

baca juga


5. Balas Sindiran dengan Kebaikan

Terakhir, saat kamu sudah dapat menanggapi sifat dan karakter mertua yang kurang baik, kamu dapat mulai merespon sindiran mertuamu dengan kebaikan. Membalas sikap tidak baik dari orang lain dengan kebaikan dapat menjadi cara untuk membuat orang tersebut menjadi sadar. Setelah mendapatkan perlakuan baik, perlahan mungkin mertuamu akan berubah menjadi lebih baik dan peka pada menantunya.