Bau mulut merupakan masalah hampir semua orang. Tidak bisa dipungkiri kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman dan hilangnya kepercayaan diri. Penyebab dari bau mulut ini beragam, mulai dari kondisi kebersihan mulut yang kurang terjaga, penyakit gusi, kerusakan gigi, atau infeksi.

Selain itu, bau mulut juga kerap disebabkan oleh penyakit pada paru-paru, sinus, atau saluran udara mengingat adanya sekresi hidung yang dapat mengalir ke mulut. Namun, tidak hanya itu, kebanyakan bau mulut juga disebabkan oleh asupan makanan yang memang menyebabkan aroma tidak sedap di mulut. Untuk itu, simak ulasan tentang 5 makanan penyebab bau mulut yang harus diantisipasi berikut ini!

1. Buah Jeruk

Catat! 5 Makanan Penyebab Bau Mulut Ini Harus Diantisipasi
source: https://www.homeperch.com/


Bakteri penyebab bau mulut menyukai suasana asam, dengan kata lain memakan makanan yang bersifat asam dapat memicu bau mulut menjadi bertambah parah. Ini akan bertambah parah jika kamu cenderung memiliki kondisi refluks asam, yang dapat menyebabkan asam mengalir kembali ke tenggorokan. Jika ini terjadi maka mulutmu akan menjadi memunculkan bau yang tidak sedap.
 


2. Makanan Berprotein Tinggi
 

Catat! 5 Makanan Penyebab Bau Mulut Ini Harus Diantisipasi
source: https://www.healthline.com/


Mengonsumsi makanan berprotein dalam jumlah berlebih dapat menyebabkan bau mulut. Ini terjadi karena tubuh akan memproduksi amoniak sambil memecahnya untuk melakukan proses pencernaan. Bau dari proses ini akhirnya akan keluar melalui mulut. Untuk membantu menyeimbangkan bau ini (selain dengan menyikat gigi dan berkumur), kamu dapat mengonsumsi makanan yang mengandung seng, seperti bayam, biji labu, dan buncis. Makanan-makanan ini dapat membantu mengendalikan plak dan mengurangi bau mulut.
 

baca juga


3. Ikan Kaleng
 

Catat! 5 Makanan Penyebab Bau Mulut Ini Harus Diantisipasi
source: https://www.upmc.com/


Tidak seperti ikan segar, ikan kalengan seperti tuna dan salmon memiliki waktu yang lebih lama untuk mengoksidasi dan bereaksi terhadap unsur-unsur lain. Inilah yang membuatnya menjadi lebih amis dari ikan segar pada umumnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengunyah permen karet setelah mengonsumsi ikan kaleng.
 


4. Keju
 

Catat! 5 Makanan Penyebab Bau Mulut Ini Harus Diantisipasi
source: https://www.midwestfarmreport.com/


Kebanyakan besar produk susu, termasuk keju, mengandung asam amino yang dapat bereaksi dengan bakteri pada mulutmu. Ini akan menghasilkan senyawa sulfur yang dapat membuat napas seseorang menjadi asam. Saat bakteri ini terpapar keju, mereka menciptakan hidrogen sulfida berlebih. Itulah sebabnya mengapa bau mulut tercium busuk jika terlalu banyak mengonsumsi keju. 
 

baca juga


5. Kopi
 

Catat! 5 Makanan Penyebab Bau Mulut Ini Harus Diantisipasi
source: https://en.wikipedia.org/


Kopi dapat menyebabkan efek kering pada mulut. Dengan kata lain, ini akan mengurangi aliran air liur dan memungkinkan bakteri menyebabkan bau tidak hanya tumbuh, tetapi bertahan lebih lama. Nah, cara terbaik untuk menyeimbangkannya adalah dengan tetap menjaga asupan air atau tetap terhidrasi. Jadi, selalu ikuti segelas air untuk setiap cangkir kopi yang kamu minum.