Saat membersihkan pompa ASI, kamu memerlukan lebih banyak ketelitian dalam mengatasi bakteri dan jamur yang mungkin tumbuh dan berkembang. Semua bagian, mulai dari botol, corong, leher, dan katup harus dibersihkan dengan maksimal. Akan tetapi, ada juga beberapa bagian yang tidak perlu dicuci seperti mesin. 

 

Moms, Ini Dia Cara Membersihkan Pompa ASI Yang Benar!
source: https://parenting.dream.co.id/


 

Sterilisasi Pompa ASI


Salah satu bagian penting dalam membersihkan pompa ASI adalah proses sterilisasinya. Proses ini sangat diperlukan untuk menjamin semua bakteri, jamur, dan kuman mati setelah diberikan uap atau disiram air panas mendidih.

 

Dr. Yolanda Safitri, MPH(M). menjelaskan bahwa steril alat pompa ASI sangat penting untuk mencegah tak ada kotoran atau bakteri di alat tersebut. Menurut konselor laktasi dari RSIA Bunda, Menteng, Jakarta ini, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk sterilisasi alat pompa ASI. “Boleh pakai yang steam, boleh pakai yang UV, atau bahkan juga dengan air panas mendidih,” jelasnya.
source: http://nova.grid.id/Kesehatan/Anak/Cara-Membersihkan-Pompa-Asi-Agar-Steril-Dan-Jauh-Dari-Bakteri


 

baca juga

Langkah Membersihkan Pompa ASI


Nah, berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan pompa ASI menurut Food and Drug Administrations (FDA), Amerika Serikat : 

  1. Baca dan pahami instruksi pedoman penggunaan dan pencucian pompa ASI. Saat membeli pompa ASI, pastikan kamu selalu membaca dan memahami dengan betul semua aturan pakai dan perintah langkah pencucian dengan baik dan benar. Karena pada dasarnya setiap pompa ASI mungkin berbeda dengan pompa ASI yang lain. 
  2. Ketahui bagian yang harus dicuci dan bagian yang tidak boleh dicuci. Tidak semua bagian dari pompa ASI bisa untuk dicuci. Karena itu, cermati peraturan mencuci dengan baik. Bagian yang biasanya harus dicuci adalah adalah botol, leher, klep atau katup, dan bagian corong. Sebaliknya, bagian yang tidak boleh untuk dicuci adalah selang serta mesinnya.
  3. Bersihkan pompa ASI sesaat setelah digunakan. Jangan biarkan Pompa ASI yang sudah digunakan terbengkalai tidak dibersihkan. Hal itu dapat memberikan kesempatan untuk perkembangbiakan bakteri dan jamur.
  4. Pastikan kamu melepaskan semua bagiannya satu per satu. Jangan malas untuk membuka semua bagian pompa ASI agar proses pencucian lebih menyeluruh dan lebih bersih.
  5. Rendam bagian pompa ASI yang sudah dilepaskan satu per satu. Gunakan air panas yang sudah dicampur dengan sabun pencuci botol bayi. Cara ini penting untuk mensterilkan bagian-bagian pompa ASI. 
  6. Setelah itu, cuci dan bilas dengan air hangat. Terakhir, siram lagi dengan air panas mendidih untuk memastikan pompa ASI sudah benar-benar steril dan higienis.
  7. Untuk mengelap, gunakan tisu bersih atau lap khusus yang bersih. Hindari menggunakan lap dapur atau lap cuci piring biasa karena dapat mencemari pompa ASI yang sudah bersih.
youtube:2GG5SBhc5TM
source: https://www.youtube.com/watch?v=2GG5SBhc5TM
Cara Steril dan Merakit Pompa Asi Avent Manual Natural Comfort


Nah, itulah langkah-langkah membersihkan pompa ASI yang baik. Semoga bermanfaat, ya!