Anggap Seperti Ibu Kandung


Anggap Seperti Ibu Kandung
source: https://health.detik.com/berita-detikhealth/

Tinggal bersama ibu mertua membuat sebagian menantu perempuan merasa tak nyaman dan khawatir bakal terjadi perselisihan ke depannya. Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan saat mertua akan tinggal bersama adalah mengubah mindset buruk tersebut. Kamu harus menganggap ibu dari suamimu seperti ibu kandungmu sendiri. Sama halnya denganmu, tentu kamu juga tak mau jika suamimu tak menganggap ibumu seperti ibunya sendiri bukan.

Bangun Komunikasi yang Baik


Bangun Komunikasi yang Baik
source: https://wolipop.detik.com/wedding-news/

Meski mertua hidup dan tinggal bersama kamu dan suami, bukan berarti kamu bisa seenaknya mengatur atau berbicara kepada ibu mertua. Kamu tetap harus menjaga sikap dan bicara. Hindari perdebatan dengan mertua. Begitu ketika mertua berdebat dengan suami, sebaiknya kamu tak perlu ikut campur atau memihak suami. 

baca juga

Beri Perhatian dan Sayang


Beri Perhatian dan Sayang
source: https://wolipop.detik.com/love/

Sama dengan ibu sendiri, itu artinya kamu harus menyayangi dan memperhatikan ibu mertua sepenuhnya. Kamu bisa tunjukkan perhatian lewat hal-hal kecil seperti menanyakan waktu makan, memberikan kejutan ulang tahun, juga mengajak makan di luar. Selain itu, ajak ibu mertua mengobrol dan jalan-jalan santai. Dengan demikian, ibu mertua juga tak sungkan atau berburuk sangka kepadamu. Kegiatan positif ini tak hanya mengakrabkan hubungan, tapi juga menghindari ketegangan.  

Lakukan Kegiatan Bareng


Lakukan Kegiatan Bareng
source: https://wolipop.detik.com/

Keakraban lain yang dapat dilakukan bersama ibu mertua adalah melakukan kegiatan bersama seperti masak bareng. Kamu bisa mengajak atau meminta mertua mengajari memasak makanan favorit suami atau keluarga besar suami serta meminta aneka resep masakan ibu mertua. Memasak dapat membuat suasana menjadi cair dan akrab. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengajak mertua belanja ke pasar atau melakukan kegiatan rohani bersama.

baca juga

Jadikan Teman Curhat


Jadikan Teman Curhat
source: https://www.haibunda.com/

Siapa bilang hubungan ibu mertua dan menantu perempuan sulit akur. Tak semua ibu mertua menyebalkan. Begitu juga tak semua menantu perempuan menjengkelkan. Kamu bisa menjadikan mertua sebagai teman curhat. Ceritakan masalah yang kamu dan suami hadapi serta minta pendapat dan nasihat pada mertua untuk keharmonisan rumah tangga kalian. Dengan keterbukaan satu sama lain, hubungan akan harmonis.