Walaupun tidak bisa mudik karena pandemi Corona atau COVID-19, tetap saja ada beberapa pengeluaran yang patut diwaspadai dan bisa membuat ‘kanker’ alias kantong kering. Berikut 5 pengeluaran jelang Lebaran yang menguras kantong:

Belanja Bahan Masakan dan Kue Lebaran


Belanja Bahan Masakan dan Kue Lebaran

Berbagai sajian khas lebaran wajib ada di setiap rumah. Seperti ketupat, opor ayam dan rendang. Wah, makin nggak sabar ya Moms menikmati nikmatnya ketupat dan opor ayam! Tapi hati-hati nih Moms. Siapkan budget untuk membeli semua bumbu dan bahan masakan yang dibutuhkan. Biasanya menjelang lebaran, harga bahan dan bumbu masakan akan melambung.

Sajian kue kering seperti nastar, kastengel dan putri salju juga membutuhkan budget yang tak sedikit ya, Moms. Jadi perhatikan betul-betul mana yang akan Moms prioritaskan.

baca juga

THR untuk Asisten Rumah Tangga


THR untuk Asisten Rumah Tangga
source: https://pixabay.com/

Walau sudah lebih banyak di rumah karena gerakan #dirumahaja dan Work from Home (WFH), jangan lupa siapkan budget untuk Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Moms yang memiliki karyawan di rumah. Seperti asisten rumah tangga (ART), baby sitter dan supir pribadi. Selain upah atau gaji bulanan, Moms juga perlu menyiapkan uang THR untuk mereka jauh-jauh hari nih.

Amplop Salam Tempel


Amplop Salam Tempel

‘Salam tempel’ jadi hal yang wajib ada ya Moms saat Hari Raya tiba. Usai sholat Ied, biasanya kita saling bersilaturahmi dan bersalam-salaman dengan kerabat dan tetangga. Nah, salam tempel alias amplop kecil berisi sejumlah uang biasanya diberikan pada anak-anak. Walau jumlahnya sedikit, amplop salam tempel ini sudah bisa membahagiakan anak-anak di Hari Raya.  

baca juga

Belanja Baju Baru


Belanja Baju Baru
source: https://haibunda.com/

Sudah menjadi kebiasaan di masyarakat kita untuk menyiapkan pakaian serba baru yang akan dipakai di Hari Raya. Baju baru untuk anak dan orangtua biasanya jadi prioritas utama. Namun sesuaikan dengan kemampuan ya, Moms. Jangan sampai pengeluaran meningkat atau hingga tagihan kartu kredit membengkak. Beri pengertian pada si kecil jika tak masalah memakai baju yang lama di hari lebaran.

Dekorasi Ulang Rumah


Dekorasi Ulang Rumah
source: https://reuters.com/

Selain menyiapkan baju baru, mendekorasi ulang rumah juga jadi kebiasaan jelang lebaran. Mendekorasi ulang rumah berikan suasana baru saat berkumpul bersama keluarga. Mendekorasi ulang rumah juga membutuhkan budget yang tak sedikit. Seperti membeli cat sesuai warna yang diinginkan, wallpaper cantik, memperbaiki kursi atau sofa yang rusak, hingga membeli tirai/hordeng yang disesuaikan dengan warna dinding rumah.