Jika anakmu sering mengalami sakit perut yang terasa perih, itu mungkin adalah tanda bahwa ia terkena asam lambung. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, kamu perlu tahu apa saja penyebab terjadinya asam lambung pada anak berikut ini :

  • Kebiasaan makan yang tidak teratur dan tidak sehat. 
  • Mengonsumsi makanan dengan kandungan asam yang tinggi.
  • Sulit makan sehingga sering telat makan.
  • Makanan yang sudah dimakan kembali ke kerongkongan sehingga lambung kosong.


 

Tips Atasi Asam Lambung Pada Anak


Sebelum memberikan obat, cobalah untuk melakukan langkah alami untuk mengatasi asam lambung pada anak. Nah, berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat membantu mengatasi asam lambung pada anak.

Lidah buaya
 

Kandungan lidah buaya mampu meredakan proses inflamasi di kerongkongan seperti yang terjadi lambung. Itulah sebabnya, mengonsumsi aloe vera saat asam lambung naik adalah pilihan yang tepat untuk meredakannya. Kamu juga dapat membuat jus lidah buaya untuk dikonsumsi anak setiap asam lambungnya naik. Tapi ingat, jangan berlebihan karena jus lidah buaya akan mengakibatkan buang air besar pada anak.
 

source: https://www.pampers.com/


 

baca juga


Jahe

Bahan selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi asam lambung. Akan tetapi, pastikan kamu memberikannya dengan takaran yang cukup karena akan berakibat sebaliknya jika lebih batas. Seharinya, kamu cukup memberikan 2 gram Jahe yang dicampur air atau makanan.
 

source: https://fineartamerica.com/


 


Pisang

Anak kamu pasti tidak akan menolak jika diberi pisang. Ya, rasanya yang manis dan enak membuat pisang disukai anak-anak. Tidak hanya itu, pisang juga mampu mengatasi asam lambung pada anak, lho. Perannya sebagai antasida alami dapat melapisi dinding lambung dan saluran cerna agar tidak terluka dan iritasi akibat asam lambung berlebihan. Akan tetapi, pastikan bahwa anakmu memang cocok dan tidak ada masalah atau alergi dengan pisang, ya!
 

source: http://blog.listentoyourgut.com/


 

baca juga


Konsultasi Ke Dokter

Jika ketiga bahan alami tersebut masih belum bisa mengatasi nyeri lambung pada anak, segera bawa anakmu ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Hindari memberi obat langsung, karena akan berbahaya jika salah dosis dan takaran. Sebaiknya minta anjuran dokter untuk pengobatan asam lambung anak yang lebih terjamin.

 

source: http://www.momjunction.com/