Asma


Asma adalah sejenis penyakit gangguan saluran pernafasan. Asma terjadi akibat peradangan serta penyempitan tenggorokan sehingga menyebabkan seseorang menjadi sesak dan sulit bernafas. Tentu saja, penyakit ini dapat menjangkit siapa saja, baik itu remaja, orang dewasa, bahkan anak-anak.

Kesulitan bernafas yang timbul akibat penyakit asma sangatlah mengganggu para pengidapnya, apalagi jika terjadi pada anak-anak. Mereka masih memerlukan pendampingan dan pertolongan dari orang dewasa saat asma yang diderita kambuh. Meskipun belum pasti, akan tetapi penyebab asma kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya :

  1. Kelahiran prematur.
  2. Berat badan tidak normal saat lahir.
  3. Paparan asap rokok, baik saat masih dalam kandungan ataupun sudah lahir.
  4. Infeksi saluran nafa yang terjadi berkali-kali dan cukup parah, seperti pneumonia.
  5. Memiliki keturunan yang mengidap asma.
  6. Memiliki alergi makanan dan kulit.

 
Asma
source: http://gejalapenyakitmu.blogspot.com/


 

Gejala Asma Pada Anak


Jika kamu sudah mengetahui penyebab-penyebab terjadinya asma pada anak, kamu juga perlu tahu bagaimana gejala dan tanda-tanda seorang anak yang memiliki asma. Beberapa gejala yang terlihat dapat kamu identifikasi sejak awal seperti :

  • sulit bernafas,
  • nafas berbunyi,
  • bernafas dengan tarikan yang pendek,
  • batuk tidak kunjung sembuh,  
  • sering sesak di dada, mudah lemas,
  • dan tidak berenergi saat beraktivitas


 

Gejala Asma Pada Anak
source: https://qsota.com/


Gejala-gejala tersebut sebenarnya muncul berbeda-beda pada masing-masing anak. Akan tetapi gejala ini akan semakin parah apabila anak terpapar udara dingin dan asap rokok. Bahkan, ada pula beberapa anak yang tidak memiliki gejala, tetapi saat kambuh, asma yang muncul akan menyerangnya dengan sangat berat.
 

baca juga

Mengatasi Asma Pada Anak


Sebenarnya, asma memang tidak bisa disembuhkan, akan tetapi dapat dikendalikan jika terus dipantau untuk meredam kambuhnya. Nah, khusus untuk asma pada anak-anak, penanganannya pun berbeda pada tiap usianya. Itulah sebabnya, orang tua wajib mengetahui kondisi anak dengan rutin melakukan hal-hal berikut ini :

  1. Memantau intensitas kambuhnya asma pada anak.
  2. Catat gejala asma yang sering mucul, ketahui penyebabnya.
  3. Kenali pemicu kambuhnya asma pada anak, misalnya udara dingin, olahraga berlebih, asap rokok, atau mungkin alergi pada bulu binatang.
  4. Ketahui cara pengobatannya, dan kenali efek samping yang muncul setelah mengonsumsi obat-obatan. 
Mengatasi Asma Pada Anak
source: https://www.adclinic.com/