Menyesuaikan Posisi Tidur


Anak dan balita yang memiliki penyakit asam lambung akan sulit saat akan tidur. Hal ini disebabkan posisi tidur yang salah akan membuatnya semakin merasa tidak nyaman sehingga membuat rewel. Memperhatikan posisi tidur pada anak adalah hal yang penting. Misalnya dengan mengangkat kepalanya menjadi lebih tinggi dari badannya. Cara ini penting untuk mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan. 

 

Menyesuaikan Posisi Tidur
source: https://www.pampers.com/


 

Pijat Anak


Selain memperhatikan posisi tidur, kamu juga dapat melakukan perawatan dengan memijat bayi untuk membantu memperlancar proses pernafasan dan pencernaan pada anak dan balita. Berikut ini adalah langkah pemijatan yang dapat kamu lakukan di rumah :

  1. Posisikan anak dengan posisi terbaring telentang.
  2. Oleskan minyak zaitun hangat sedikit pada perut bayi.
  3. Pijat perut bayi dengan sangat lembut dengan gerakan memutar searah dengan jarum jam selama 3 menit. 
  4. Lalu, posisikan anak tengkuap dan pijat bagian punggung dengan gerakan memutar searah jarum jam secara lembut selama 2 menit.
  5. Ulangi 2 hingga 3 kali sehari. Hindari lakukan pemijatan saat anak baru selesai makan atau menyusu.
Pijat Anak
source: http://www.newkidscenter.com/


 

baca juga

Cuka Sari Apel


Selain itu, kamu juga dapat memberikan cuka sari apel pada anak yang memiliki masalah asam lambung. Campuran ini sangat bermanfaat untuk menetralkan kadar asam lambung sehingga makanan akan lebih mudah untuk dicerna dan dapat mencegah muntah. Berikut ini adalah cara memberikan cuka sari apel pada 

  • Siapkan ¼ sdt cuka sari apel murni tanpa filter.
  • Campurkan dengan segelas air hangat.
  • Berikan beberapa 1-2 sendok makan pada anak.
Jika bayi sudah berusia lebih dari 1 tahun, kamu dapat menambahkan beberapa bahan lain seperti madu untuk memberi rasa dan menambah nutrisi untuk anak. 

 
Cuka Sari Apel
source: http://www.newkidscenter.com/


 

Minyak Kelapa


Terakhir, pemberian minyak kelapa juga dapat mengurangi peradangan lambung akibat asam. Hal ini disebabkan sifat anti-inflamasi pada minyak kelapa dapat membantu meminimalisir terjadinya peradangan akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Selain itu, minyak kelapa juga dapat melumasi dinding organ pencernaan agar dapat berfungsi lebih efektif. Nah, berikut ini adalah cara memberikan campuran minyak kelapa pada anak :

  • Gunakan sebagai campuran makanan. Anak dan balita dapat mengonsumsi minyak kelapa dengan dicampur dengan air hangat atau campuran sereal kesukaan mereka.
  • Melalui ASI. Untuk bayi dan balita, ibu dapat mengonsumsi langsung minyak kelapa untuk membuat ASI-nya lebih bernutrisi dan diserap oleh bayi. 
  • Dioleskan pada perut. Terakhir, kamu juga dapat menggunakan minyak kelapa sebagai bahan untuk pemijatan bayi. 
Minyak Kelapa
source: http://www.momjunction.com/


Jika asam lambung tidak kunjung mereda, segera konsultasikan kondisi anakmu pada dokter terdekat.