Meskipun popok seringkali disebut sebagai partner sejati bayi selain botol susu, tentunya penggunaan popok atau pampers yang tidak tepat bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya iritasi pada kulit bayi. Oleh sebab itu, berikut ini merupakan 5 hal yang perlu Beautynesian lakukan terkait untuk menjaga kulit bayi tetap sehat serta mencegah terjadinya iritasi kulit bayi yang semakin memburuk akibat popok. So, check this out!




Perhatikan Cara Penggunaan Popok

Ketika memakaikan popok pada bayi, Beautynesian perlu memastikan bahwa popok terlalu sempit atau kencang pada bayi karena hal ini dapat meningkatkan potensi popok yang menggesek kulit tipis bayi. Pastikan bahwa masih terdapat sedikit ruang sehingga jari telunjukmu masih bisa masuk ke dalam popok.
baca juga




Perhatikan Kandungan pada Popok dan Tissue Basah

Beautynesian perlu memperhatikan kandungan zat-zat kimia jika menggunakan pampers kemasan sekali pakai, karena sangat mungkin popok yang mengandung zat-zat kimia berbahaya bagi kulit bayi dijual secara bebas di pasar. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan komposisi dari tissue basah jika menggunakannya untuk membersihkan selangkangan dan pantat bayi setelah buang air kecil atau buang air besar.

Jika Beuatynesian telah coba mengganti brand pampers beberapa kali dan masih menciptakan iritasi, kamu bisa membandingkan masing-masing komposisinya untuk mengetahui zat kimia apa yang sama-sama dikandung oleh popok-popok tersebut, sehingga kamu dapat membeli popok baru yang tidak mengandung zat kimia tersebut, sebab sangat mungkin bila zat kimia itulah yang menyebabkan iritasi pada kulit bayimu.

source: http://goinggreentoday101.blogspot.co.id/2015/02/water-wipes-vs-pampers-sensitive.html



Ganti Popok Ketika Basah

Beautynesian perlu mengganti popok yang basah dengan popok baru yang bersih secara rutin, sehingga kulit bayi tidak menyerap zat-zat negatif yang terkandung pada urin dan kotoran. So, jangan ditunda-tunda yah, ladies! 

baca juga




Pertimbangkan Menggunakan Popok Kain

Jika Beutynesian tidak dapat menemukan produk popok kemasan sekali pakai yang cocok dengan kulit sensitif bayi, mungkin kamu bisa mencoba menggunakan popok kain. Memang akan lebih merepotkan karena popok ini harus selalu dicuci setiap kali bayi mengompol dan buang air besar. Tetapi penggunaan popok kain dapat menjadi solusi bagi bayi yang aleri dengan zat-zat kimia yang terkandung dalam pampers kemasan.
 

image source : http://www.pinoyexchange.com/forums/showthread.php?t=656600




Gunakan Krim atau Salep

Untuk mengurangi kemerahan, Beautynesian dapat menggunakan obat iritasi kulit bayi akibat pampers seperti Sebamed Baby Diaper Rash Cream dan Bepanthen Salep Bayi dengan mengoleskannya pada area kulit bayi yang iritasi, seperti pantat, paha, dan selangkangan, setiap habis mandi.