Step 1: Persiapan

Pertama-tama, pastikan perlengkapan mengganti popok bayi baru lahir tersedia. Pasang alas berupa kain atau handuk di atas kasur, lantai ataupun meja tempat bayi akan berbaring. Selain itu pastikan perlengkapan seperti air hangat, kapas, kain kering, juga kantong plastik untuk membuang popok bekas pakai serta diaper cream kalau si kecil mengalami ruam popok, berada dalam jangkauanmu. Perhatikan juga suhu ruangan, hindari terlalu dingin karena bayi masih sangat sensitif terhadap suhu dingin. 
 

source: https://www.thebump.com


 

baca juga

Step 2: Cuci Tangan

Sebelum mengganti popok bayi, sebaiknya kamu mencuci tangan sampai bersih ya, Moms. Tangan yang kotor akan memudahkan perpindahan kuman pada area bokong dan organ genital bayi. 


Step 3: Baringkan Bayi 

Setelah tanganmu dalam keadaan bersih, angkat bayi dan baringkan di atas kain atau handuk yang sudah diletakkan di atas kasur ataupun changing table. Setelah itu, buka popoknya tanpa membuka semua baju bayi. Biarkan bagian pinggang hingga badan tetap tertutup baju agar bayi tetap merasa hangat. 
 

source: https://www.babycenter.com


 

Step 4: Ganti Popok

Segera lepas popok bayi. Apabila bayi buang air besar, maka gunakan bagian popok yang bersih untuk membersihkan kulitnya. Lalu, segera lipat agar kotoran ataupun urinenya tidak tercecer ke mana-mana dan menempel pada bagian bawah tubuh bayi. Langsung masukkan ke kantong plastik yang sudah kamu siapkan di awal.
 
source: https://www.babycenter.com


 

baca juga

Step 5: Bersihkan Bayi

Langkah selanjutnya adalah bersihkan kulit bayi, baik setelah buang air besar maupun kecil dengan air hangat dan kapas. Untuk bayi perempuan, bersihkan dari bagian depan ke belakang, untuk menghindari area vaginanya terkena bakteri. Untuk bayi laki-laki bersihkan bagian penis dan testis secara lembut. Ingat gunakan kapas baru setiap akan membersihkan area yang berbeda ya, Moms. 
 

source: https://www.babycenter.com


 

Step 6: Keringkan

Pastikan area bokong bayi kering betul sebelum kamu memakaikannya popok lagi, karena kulit yang basah akan membuat bayi malah rentang terkena bakteri. Kalau kamu terburu-buru maka tepuk-tepuk bagian kulitnya dengan kain kering dan bersih dengan lembut. Setelah kering, kamu bisa mengolesi area kulit bayi dengan diaper cream, untuk mencegahnya mengalami ruam popok. 
 

source: https://www.whattoexpect.com


 

Step 7: Pakaikan Popok Baru

Ambil popok bersih, lalu pakaian pada bayi secara perlahan. Pasang bagian belakang popok lebih dulu, hampir setinggi dengan pinggang bayi. Untuk bayi laki-laki penis harus mengarah ke bawah. Sementara untuk bayi baru lahir, lipat bagian atas popok sehingga tidak mengenai bagian tali pusar. Pastikan bagian antara popok dan paha bayi tidak terlalu terbuka untuk mencegahnya kedinginan ya, Moms. 
 

source: http://www.huggies.com


Yeay, you're done, Moms!