Hai haiii happy fridayy.. 
Oiya jumat pun sungguh tidak berpengaruh yaa buat emak emak rumahan macam saya hahaha sama aja rasanya, ngangon bocah juga :p 

Okay mommies kali ini aku mau bahas tentang Alerginya ulo. 
" Inilaaah kisah kuuu " hhhh hadehh maap Kebanyakan ntn sinetron Indosiar neeh... 

Berawal mulai MPASI ( Makanan Pendamping Asi ) namanya ibu baru ya gemes anak udh mulai makan, udh belaga kaya Farah Quinn serasa jago bgt anak mau makan masakan kita hahah. Segala buah di cobain, sayuran di cobain. Padahal Amihnya gak suka sayuran ahhaah tp anaknya di wajibkan suka huhu puk puk ulo .. , sampai perminyakan. Ulo gampang sih makannya sampai sekarang apa aja suka. Jangan di puji puji ah gak taunya besok GTM duaaar.... 

Dan memasukin  bulan ke dua Mpasi, kulit auro super kering retak retak kaya tanah gak di kasih air, terutama bagian kaki mungkin gatal cuma ulo gak bs garuk. Tp aku mencoba santai dulu, lalu aku mulai kenalkan keju dan ikan salmon, gak ada beberapa menit kulitnya merah dan bentol kecil semua bagian leher, ketiak, wajah. Haduh sumpah aku nangis liat wajahnya bengkaak.. akhirnya aku mandikan dengan air hangat krn posisi dia lg makan dan lengket jd aku mandiin dl biar nyaman, Gak sampai 4 jam semua itu hilang balik normal lagi. 
Haduh lega banget duh masih pertanyaan dari mana alerginya keju atau salmonnya. 

Duh fotonya gak kelihatan jelas ya maklum dulu gak kita gak punya kamera hahaha.. ini foto setelah 3 Jam sesudah kejadian masih merah merah tp gak separah awal. 

Besoknya aku buat lg makanan ada tambahan kacang merahnya, keluar lagi itu bentol semuka.. duh duh aposeee sih indaaang >.<  

sudah lah langsung ke Dsa dl. Dari sana di rujuk ke dokter spesialis alergi anak
DR.dr.Zakiudin Munasir , Sp.A(K) di Rscm kencana. Di cek kalau untuk kaki yang kering dokter mendiagnosa
Dermatitis atopik / eksim , ini merupakan peradangan kulit di sebabkan oleh beberapa faktor di tandai dengan kulit kemerahan. 
Alergi makanan reaksi imunitas tubuh terhadap makanan tertentu.
(( sumber : milissehat.web.id ))

Alergi makanan  harus di cari pecetusnya. SIAPA  BIANG KEROKNYAA NEEH ??, Di buat surat rujukan untuk test darah, eh ulo ini juara loh kl di ambil darah gak pernah nangis, pinter deh padahal amihnya udh heboh pegang kuat kuat ahahah dia cooollll ajaaaaa :))) 

Test darah di lakukan di laboratorium klinik PRAMITA,  kata dokter lab klinik ini lumayan lengkap testnya. pas di baca hasil sih iya ada list test berbagai jenis makanan,  jenis debu, jamur, pohon sampai binatang , sampai ada list kecoa german, kecoa oriental :))) jauhhh juga tuh kecoa mainnya :)). 


Hasilnya 3 hari sudah bisa di ambil, dan konsultasi lagi ke Dokter Zakiudin, dari smua test paling tinggi di susu sapi, kacang kacangan, keju, susu kambing . Alhamdulillah cuma itu aja sih dan ulo termasuk alergi ringan yang bahaya jika alergi berat bisa mual, diare, kesulitan bernapas, bahkan sampai pingsan.  pesan dari dokter ya di hindari dl makanan pencetus alergi tp di coba lagi umur 1 tahun lebih. Pulang pulang dapat resep 
1. Sabun mandi Cetaphil
2. Salep untuk bagian kulit yg kering
3. Atopiclair lotion


( krn salep dan lotion udh pensiun jadi di ganti buat nemenin sabun si pasta gigi dan shampoo .. biar ramai foto nya hahha )
yaa 2 tahun yg lalu itu sabun cetaphil susah bgt dapetnya gak kaya sekarang sampai sudah ada khusus Cetaphil baby. Aku hubungi apotik besar, guardian, watson semuaa kosong hhh. Eh iseng share di social media kl aku butuh sabun ini. Ada temen malah kasih 1 botol ukuran 1 liteeerr gretoooong ahhaha. Rezeki sekali hahha
" hai ka rahne kau penyelamat ku :* " ..

Setelah seminggu pemakaian sabun, salep dan lotion khusus, kulit ulo cringgggg mulus lagi. Jadi ulo tuh yang penting sabunnya busahnya gak banyak, sabun organik belum coba sih. Next deh cari cari.

5 bulan kemudian auro berumur 1 tahun lebih. Aku cobain ulo secuil ice cream vanila. Daaaaan beberapa detik kemudian muncul lagi merah bentol di muka.. mana di mall coba -.- hahah untung gak banyak hahaha.


Ok di rumah pelan pelan aku kasih keju lagi kacang kacangan, dan susu. susu ini krn auro berat badannya kurang jd sehabis menyusu Asi tambahan lagi dengan susu formula, akan tetaaaaapiiii susu formula juga harus di cobain satu satu krn alerginya

Di umur aurora yg mau 2 Tahun ini, aku sudah cobain lagi semua makanan yg dia pantang. Alhamdulillah gak ada reaksi merah atau bentol lagi.

HAPPY GAK AMIH??

Bukaan maeen happy bgt.. yukk lah ulo kita makan nasi padang aja... 

Cuerrbaaaeeekkk♡♡♡



see you đź–¤