Mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil adalah hal penting untuk memastikan kandungan serta pertumbuhan janin berjalan dengan lancar dan baik. Seorang ibu harus dapat lebih waspada dan mawas dalam mengetahui kondisinya agar jika ada hal tidak diinginkan dapat segera tertangani dengan baik dan cepat.
 

Moms, Coba Periksa, Deh! Kehamilan Kamu Sehat atau Tidak dengan Melihat Ciri-Ciri Ini
source: https://manlybeachbabies.com.au/


 

Ciri Ibu Hamil Sehat


1.Morning Sickness Pada Trimester Awal
Jangan khawatir jika terjadi mual dan muntah pada awal kehamilan. Hal ini normal terjadi dan akan dengan sendirinya berhenti saat memasuki trimester kedua kehamilan. Akan tetapi, pastikan mual dan muntah yang terjadi tidak berlebihan sehingga asupan gizi tetap dengan baik terserap. 

2. Payudara Perlahan Membesar
Tidak perlu khawatir jika payudaramu menjadi berubah dan bahkan membesar secara signifikan. Hal ini normal terjadi sebagai bentuk kerja hormon dalam menyiapkan payudara untuk menyusui bayi saat lahir nanti. 

3. Perut Membesar
Ketahuilah bahwa membesarnya perut adalah ciri-ciri kehamilan yang normal. Kamu perlu segera mengonsultasikan ke dokter apabila perutmu tidak kunjung membesar apalagi saat memasuki trimester kedua kehamilan.

4. Tekanan Darah dan Kadar Gula Normal
Pastikan juga bahwa tekanan dan kadar gula pada darah tetap dalam kondisi yang normal. Terkadang akan terjadi kenaikan sedikit pada kadar keduanya. Hal ini masih dalam kondisi yang aman jika tidak memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan ibu. 

5. Pergerakan Janin
Memasuki trimester ketiga kehamilan, janin akan lebih sering melakukan pergerakan. Kondisi ini menunjukan bahwa ibu dan janin dalam kondisi baik dan sehat. Bayi yang aktif menandakan asupan gizi dan oksigen yang baik dan cukup bagi kandungan ibu hamil.

 

Ciri Ibu Hamil Sehat
source: http://www.healthydietbase.com/


 

baca juga

Ciri Ibu Hamil Tidak Sehat


1. Morning Sickness Berlebihan
Tanda pertama kondisi ibu hamil yang tidak sehat adalah mual dan muntah yang berlebihan hingga ibu tidak dapat makan. Kondisi ini dapat mengganggu asupan gizi yang masuk dan membuat ibu menjadi dehidrasi. 

2. Adanya Kontraksi Pada Trimester Kedua
Jika kehamilanmu sering mengalami kontraksi padahal masih dalam trimester kedua, kamu perlu segera waspada. Hal ini dapat berisiko menyebabkan kelahiran bayi prematur. Segera konsultasikan kondisimu pada dokter agar mendapatkan penanganan cepat dan tepat. 

3. Kram Berlebihan
Seorang ibu hamil memang biasa mengalami kram. Akan tetapi, jika terjadi dalam intensitas yang tinggi dan mengganggu, hal ini dapat menjadi tanda kondisi kehamilan yang tidak sehat. Peredaran darah yang tidak lancar atau kondisi tekanan darah yang tidak normal dapat menjadi pemicunya. 

4. Flek Berlebih
Flek pada awal kehamilan memang sering terjadi sebagai tanda bahwa janin sedang menempel pada dinding rahim. Akan tetapi, jika terjadi sering dengan volume yang besar, flek ini dapat menjadi tanda masalah pada kehamilan. Apalagi jika kamu merasakan nyeri pada bagian perut dan vagina.

5. Tidak Adanya Pergerakan Janin
Memasuki trimester ketiga, janin semestinya sudah mulai sering melakukan pergerakan. Jika hal ini tidak terjadi, mungkin ada masalah dalam asupan gizi ibu dan oksigen yang masuk ke dalam kandungan. Selain itu, kamu juga harus terus memantau pembesaran perut untuk memastikan janin tetap tumbuh dan berkembang dengan baik.  

 
Ciri Ibu Hamil Tidak Sehat
source: https://www.babycentre.co.uk/


 


Untuk itu, kamu tetap harus waspada dan memantau kondisi kesehatanmu saat hamil. Hal ini tentu sangat berkaitan erat dengan kondisi kesehatan janin yang tumbuh dan berkembang dengan baik.
 

youtube:16ICJz9e1EE
source: https://www.youtube.com/watch?v=16ICJz9e1EE
Ketahui 5 Tanda bayi sehat dalam kandungan