Ibu Hamil Sehat


Bagi kamu para calon ibu yang sedang menjalani kehamilan pertama, pasti ada banyak sekali pertanyaan dan informasi yang ingin kalian ketahui seputar kehamilan. Tentu, informasi tersebut berkaitan erat dengan kondisi ibu dan kandungan yang baik dan sehat. Untuk menjadi seorang ibu hamil yang sehat dan kondisi kandungan yang kuat, ada banyak hal yang dapat kalian lakukan, mulai dari berolahraga hingga mengatur pola makan yang baik dan sehat. Nah, berikut ini adalah beberapa inspirasi untuk menu dan asupan gizi sehat untuk ibu hamil yang bisa kamu jadikan referensi makanan harian kamu selama hamil.
 

Ibu Hamil Sehat
source: http://tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com/


 


Nutrisi Yang Diperlukan Ibu Hamil

Zat Besi, Serat, Vitamin, Asam Folat

Beragam nutrisi kebutuhan ibu hamil dan kandungan perlu untuk dipenuhi demi kesehatan tumbuh kembang janin dalam kandungan. Nah, kandungan-kandungan ini dapat kamu temukan pada beragam sayuran hijau seperti bayam dan kangkung. Sumber zat besi yang juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah daging merah. Selain itu, zat besi juga dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi nasi merah. Tidak hanya itu, nasi merah juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membuat ibu merasa kenyang lebih lama. Memenuhi nutrisi juga bukan berarti harus menggemukan badan, kan? 

Antioksidan

Kamu juga perlu memerhatikan asupan nutrisi antioksidan yang cukup untuk melindungi diri dan janin dari beragam penyakit. Antioksidan juga sangat bermanfaat dalam meminimalkan risiko bayi terkena diabetes atau obesitas.

Omega 3

Jangan lewatkan asupan makanan dengan kandungan omega 3 yang tinggi. Asam lemak yang banyak terkandung dalam ikan ini sangat penting untuk meningkatkan serta mengoptimalkan tumbuh kembang sistem syaraf pada bayi. Beragam ikan seperti salmon dan kembung dapat menjadi pilihan kamu. 

Potassium

Jika kamu sering mendengar bahwa ibu hamil sering mengalami kaki bengkak dan kram akibat penumpukan cairan, pastikan kamu mengonsumsi banyak makanan dengan kandungan potassium seperti pisang. Potassium pada pisang mampu menahan cairan penyebab kaki bengkak dan kram saat hamil.

 

Ibu Hamil Sehat
source: http://www.organik100.com/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil/


 

baca juga

Menu Makanan Ibu Hamil


Trimester 1

  1. Sarapan : 1 gelas susu, 1 lembar roti gandum mentega , 2 butir telur ceplok dengan olive oil.
  2. Cemilan 1 : 1 apel, 5 stroberi, dan 1 gelas teh manis (gula ½ sdt).
  3. Makan Siang : nasi, bayam, telur, ikan mas.
  4. Cemilan 2 : 1 gelas susu, 100 gram kacang campur, biskuit tanpa rasa.
  5. Makan Malam : kentang, daging giling, puding buah.

Trimester 2
  1. Sarapan : bubur kacang hijau, susu.
  2. Cemilan 1 : gado-gado, 1 gelas teh, dan jeruk.
  3. Makan Siang : nasi, ikan, pepes telur jamur, 1 mangkuk sayur oyong dan sohun.
  4. Cemilan 2 : susu, buah segar dan biskuit tanpa gula.
  5. Makan Malam : kentang panggang, daging giling dan 1 cup yoghurt.

Trimester 3
  1. Sarapan : kwetiau rebus ayam dan sayur, 1 gelas susu.
  2. Cemilan 1 : kue talam, 1 gelas teh, 1 buah jeruk.
  3. Makan Siang : nasi, ikan kakap saus lemon, perkedel tempe, orak-arik telur, wortel, dan kol.
  4. Cemilan 2 : salad buah dan 1 gelas susu.
  5. Makan Malam : nasi, daging yakiniku, tahu bumbu kuning, sup bayam jagung.
Menu Makanan Ibu Hamil
source: http://www.artikel-indonesia.com/