Sebelum memerah ASI dengan tangan, sebaiknya kamu siapkan beberapa perlengkapan dulu, seperti wadah untuk menampung ASI perah, kain bersih untuk membersihkan ASI yang mengenai kulit maupun pakaian. Tak hanya itu, kamu juga harus dalam keadaan rileks. Duduklah di sofa yang nyaman, dan bila perlu putar musik agar membuat tubuh dan pikiranmu lebih santai. 
 

Langkah 1

Selalu ingat ya Moms, setiap sebelum memerah ASI dengan tangan ataupun electric breast pump, kamu harus mencuci tanganmu terlebih dahulu. Tangan yang bersih akan meminimalisir penyebaran kuman ataupun bakteri. Setelah itu, barulah masuk ke proses memerah ASI. 
Caranya adalah dengan meletakkan tangan pada payudara, dengan jempol berada di bagian atas payudara dan sisa jari lainnya di bagian bawah payudara. Kalau payudara diibaratkan sebuah jam, maka jempol berada pada angka 12, sementara jari lainnya di angka 6. 
 

Langkah 1
source: https://www.lustaci.com


 

baca juga

Langkah 2

Lakukan gerakan seperti memijat, dengan jempol dan jari-jari lainnya menekan ke arah areola. Lakukan secara lembut agar payudaramu tidak sakit ya, Moms. Biasanya setelah menekannya dengan cara tepat, payudara akan mengeluarkan ASI. Jangan menggerakkan jari seperti menyeret karena bisa melukai kulit sekitar payudaramu, 
 

Langkah 2
source: http://www.mastylecare.org


 

Langkah 3

Ulangi posisi memerah, tekan, putar hingga ASI mengucur keluar. Lalu pindahkan tangan sehingga jempol dan jari-jari lain berada di posisi angka 11 dan 5. Lakukan gerakan memerah sekali lagi. Apabila kelenjar susu pada payudara sudah kosong, maka pindah ke payudara lain dengan melakukan hal yang sama. 

 

Langkah 3
source: https://www.babycenter.com

 
baca juga

Langkah 4

Sebenarnya memerah ASI dilakukan dengan mengikuti insting ibu. Dalam memerah ASI dengan tangan yang penting adalah kamu menemukan posisi yang tepat untuk jari-jari sehingga bisa merangsang ASI keluar. Jangan lupa pula mengkombinasikan teknik memerah tangan ini, dengan pijat payudara untuk menstimulasi reflek keluarnya susu. Sebelum memerah, pijat payudara, lalu perah, dan pijat lagi.


Sebagai panduan menghasilkan ASI perah dengan tangan, cek video berikut ini: 

Memerah ASI dengan tangan harus dilakukan dalam keadaan rileks.
source: https://www.youtube.com/watch?v=jVFo96ZQRmk

Yeay, you're done