1. Kamu Jadi Suka Pakai Baju Terusan

"Duh, semua baju di lemari enggak ada yang muat. Bagaimana ini?" Hal ini sering jadi keluhan bagi ibu yang kehamilannya sudah memasuki trimester ketiga. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, perut juga makin membuncit alias membesar dan berat badan tubuh pun jadi naik. Alhasil semua pakaian yang ada di lemari dan kamu beli di awal-awal kehamilan tak ada yang muat. Biar nyaman begerak, setidaknya kamu memiliki beberapa persiapan pakaian hamil model terusan atau minimal memiliki daster. Daster akan sangat aman kamu gunakan apabila kehamilanmu semakin membesar. Selain merasa dingin, daster akan membuatmu leluasa bergerak. 
 

1. Kamu Jadi Suka Pakai Baju Terusan
source: http://kaltim.tribunnews.com


 

baca juga

2. Kamu Berubah Jadi Pemalas

Badan terasa akan lebih berat saat usia kehamilan trimester 3. Jadinya kamu jadi malas dan tidak nyaman saat beraktivitas terutama bepergian keluar rumah. Tidak sedikit ibu yang lebih suka berbaring di tempat tidur karena merasa sangat kelelahan, padahal tidak melakukan banyak aktivitas. Ya, kelelahan ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan tubuh akibat calon bayi yang semakin bertambah besar. Meski kamu beristirahat, tapi kamu kadang jadi sulit tidur nyenyak di trimester 3. 
 

2. Kamu Berubah Jadi Pemalas
source: https://hellodoktor.com


 

3. Yeay, Bayi Menendang!

Meski mungkin ketidaknyamanan lebih banyak pada trimester ketiga, tapi percayalah kalau ada lebih banyak hal-hal bahagia yang bisa kamu alami di tahapan ini. Salah satunya adalah kamu akan merasakan si bayi bergerak-gerak dalam kandungan, dan sesekali menendang. Pastinya kamu bahagia merasakan tendangan-tendangan kecil bayi ini kan, Moms! Mungkin tendangan bayi akan sedikit terasa sakit, tapi hal ini akan kamu rasakan sesekali saja kok. Kamu juga perlu bersyukur kalau si bayi menendang, karena itu pertanda tumbuh-kembangnya dalam keadaan normal. 
 

3. Yeay, Bayi Menendang!
source: http://www.momjunction.com


 

baca juga

4. Lebih Banyak Bertemu Dokter

Kalau sebelum-sebelumnya kamu hanya bertemu dokter 1 hingga 2 kali dalam sebulan, maka saat memasuki masa-masa kehamilan akhir, kamu akan lebih banyak bertemu dan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Hal ini dilakukan agar kandunganmu semakin terkontrol menjelang detik-detik persalinan. Jadi, jangan abaikan jadwal temu dokter ini ya, Moms. Penting banget lho!
 

4. Lebih Banyak Bertemu Dokter
source: https://www.shutterstock.com


 

5. Siap-siap Belanja dan Berkemas

Salah satu yang cukup menarik di usia kehamilan trimester 3 adalah campur aduk antara perasaan bahagia dan khawatir menanti kelahiran bayi. Tapi, jangan takut berlebihan Moms karena itu hanya akan memengaruhi mental. Ada baiknya di sela-sela menunggu due date, kamu mengajak suami berbelanja kebutuhan dasar yang diperlukan bayi saat lahir, menyiapkan kamarnya dan yang tak boleh kamu lupakan menyiapakn semua perlengkapan untuk persalinan. Kalau kamu bersalin di rumah sakit, maka sejak usia 8 bulan kehamilan, maka perlengkapan sudah siap dalam tas dan tinggal dibawa menuju rumah sakit saat akan due date. Kalau kamu melahirkan di rumah, maka usahakan semua perlengkan persalinan normalmu sudah siap semua. 

5. Siap-siap Belanja dan Berkemas
source: https://slickdeals.net