Mengganti popok menjadi rutinitas yang harus Moms dan bayi lakukan bersama. Saat baru lahir mengganti popok bayi sangatlah mudah, karena bayi belum terlalu aktif.  Namun bertambahnya umur, pastilah bayi menjadi semakin aktif. Berguling, merangkak, menendang, dan aktifitas bayi lainnya yang membuat Moms menjadi sulit saat mengganti popok bayi.

Belum lagi bila Moms sedang terburu-buru, hal yang biasanya bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 5 menit kini jadi membutuhkan waktu yang lebih lam. Padahal saat mengganti popok bayi adalah salah satu quality time antara Moms dan bayi lho. Dan harusnya hal ini bisa menjadi aktifitas yang lebih menyenangkan untuk Moms.

Namun setiap bayi pastilah akan bertambah aktif seiring bertambahnya umur. Dan kita pun harus semakin aktif ya Moms untuk mengimbanginya. Berikut ini mommynesia.id ingin berbagi tips agar aktifitas mengganti popok bayi menjadi lebih menyenangkan untuk Moms dan bayi. 
 

source: https://perawatanbayi.com
  1. Moms dapat melakukan beberapa kegiatan yang menarik dengan bayi sebelum mengganti popok. Misalnya dengan menyanyi sehingga menarik perhatiannya.
  2. Moms juga bisa dengan menjepit mainan favoritnya di mulut sehingga bayi berusaha merebut mainan tersebut. Ganti mainan sewaktu waktu untuk menghindari rasa bosan pada bayi.
  3. Selain itu Moms dapat meletakan mainan di samping bayi sehingga menarik perhatiannya.
  4. Kemudian Moms dapat menggerakan jari turun naik pada bagian kaki dan perut sehingga bayi kamu tertawa dan dapat mengganti popok bayi dengan mudah .
  5. Kamu dapat menghadirkan gerakan wajah yang lucu ketika mengganti popok bayi, tetapi ketika membersihkan bokongnya sebaiknya jangan dilakukan.
  6. Lakukan pergantian yang cepat sehingga dapat melakukannya dalam waktu yang singkat dan mengalihkan bayi kamu dengan segera.
  7. Moms juga bisa menjelaskan kepada bayi, apa yang sedang dilakukan.  Misal, Moms menjelaskan kepada bayi bahwa aktifitas mengganti popok harus dilakukan agar tetap bersih dan nyaman. Hal ini membuat bayi merasa dilibatkan, bayi yang mendengar pun bisa senang dan mau tiap kali popoknya akan diganti.
  8. Sedangkan apabila bayi moms masih tidak mau diam, maka gunakan lantai dengan matras yang empuk sehingga dapat menghindari luka atau terjatuh ketika sedang mengganti popoknya. Siapkan pula semua perlengkapan dalam jangkauan tangan kamu sehingga ketika diperlukan tidak terlalu jauh dan terlalu lama menggunakannya.   
source: https://perawatanbayi.com
baca juga

Demikian beberapa tips yang bisa moms praktekkan saat mengganti popok bayi. Namun, jika bayi tetap tidak bisa diam sebaiknya moms berhenti sebentar. Moms bisa mencobanya 5 menit kemudian agar bayi tidak risih dan menjadi nggak nyaman. Dan jangan lupa untuk memindahkan bayi di tempat yang aman sebelum moms membuang popok yang kotor.

source: http://cdn2.momjunction.com