Memilih popok untuk buah hati tercinta pastinya penuh dengan pertimbangan ya, Moms. Baik popok kain ataupun popok sekali pakai (pospak) pokoknya  harus dipikirkan baik-baik. Yang penting Moms harus menerapkan prinsip "teliti sebelum membeli". Apalagi popok adalah hal yang krusial untuk anak. Salah memilih, maka si kecil tidak merasa nyaman bahkan bisa menyebabkan iritasi.
 

Popok sekali pakai memang jauh lebih praktis. Apalagi jika Moms sendiri yang mengurus semuanya pasca melahirkan. Tapi meskipun popok sekali pakai jauh lebih praktis, namun memerlukan dana yang lebih besar dibandingkan dengan popok kain biasa. Jika sudah penuh atau kotor popok sekali pakai harus dibuang dan tidak bisa digunakan kembali.

Saat ini ada berbagai jenis dan merek dari popok sekali pakai. Nah, sebelum akhirnya membeli, Moms sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ketika memilih popok sekali pakai:

Moms, Ini Dia Cara Memilih Popok Sekali Pakai Yang Aman & Nyaman Untuk Bayi
source: http://www.freestufffinder.com
baca juga

Mudah Dicari
Maksud ‘mudah dicari’ adalah popoknya banyak dijual di pasaran. Mulai dari warung kelontongan, mini market, sampe mall besar sekalipun. Jadi, saat kita kehabisan pospak, kita bisa mencarinya kapan saja.

Daya Serap 
Moms tahu dong ya kalau saat bayi baru lahir itu bisa pipis sampe 20x sehari. Kalau popok yang dipakai nggak punya daya serap yang cepat dan tinggi, pasti sulit menjaga kelembabannya. Daya serap tinggi juga dapat mencegah kebocoran karena lapisannya bisa menyerap pipis berkali-kali sehingga popok bisa dipakai dalam waktu lama. Popok bayi yang baik menghilangkan basah dari kulit bayi, membantu kulitnya terlindung dari iritasi, ruam, dan lecet.

Bahannya Lembut
Bahan yang lembut menjadi sangat penting karena akan mempengaruhi kenyamanan buah hati saat beraktivitas. Pospak yang berbahan lembut akan meminimalisir kulit bayi terkena iritasi atau ruam popok. Selain itu, bayi juga akan jarang rewel hanya karena popoknya bikin nggak nyaman untuk gerak.

Moms, Ini Dia Cara Memilih Popok Sekali Pakai Yang Aman & Nyaman Untuk Bayi
source: https://i.ytimg.com

 




 

Lapisan yang Memiliki Sirkulasi Udara yang Bagus
Popok yang bagus  adalah popok yang punya aerasi atau perputaran udara yang bagus, agar buah hati bisa tetap nyaman meskipun sudah pipis beberapa kali dalam satu popok.

Ban Pinggang yang Nyaman
Bayi yang baru lahir pada bagian pusarnya masih sensitif, jadi kita mesti memakaikannya popok yang ban pinggangnya nyaman dan berlekuk. Hal ini berfungsi untuk melindungi pusar bayi yang belum sembuh.

Waspada pada Kandungan Bahan Kimia
Waspada pada popok yang menggunakan bahan-bahan kimia berupa dioxide, baik sulfur maupun chlorine dioxide karena dapat menyebabkan kanker.

Cek Alergi
Jika buah hati mengalami ruam atau iritasi, sebaiknya moms segera mengganti merek popok karena bisa saja buah hati kita alergi terhadap merek popok tertentu.

Moms, Ini Dia Cara Memilih Popok Sekali Pakai Yang Aman & Nyaman Untuk Bayi
source: http://mybabyproducts.co.in
baca juga

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh moms sebelum memilih popok sekali pakai untuk buah hati. Sensitivitas kulit bayi berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita perlu memperhatikan terhadap pemilihan popok secara khusus, baik bahan atau jenisnya agar bayi tetap nyaman dan terhindar dari masalah kulit yang disebabkan oleh ketidakcocokan popok. Selamat memilih, Moms!