1. Sulitnya Menjaga Komunikasi

Kita semua tahu bagaimana komunikasi sangatlah penting untuk diperhatikan dalam menjalani hubungan yang kompak dan harmonis. Sayangnya, menjalani hubungan jarak jauh membuat komunikasi menjadi hal yang semakin sulit untuk dilakukan. Di era digital seperti sekarang mungkin kita semua semakin dipermudah dengan adanya akses telepon hingga video call. Namun, ini semua tetap tidak sesederhana yang dibayangkan, apalagi jika kamu dan pasangan juga terpaut perbedaan waktu. 
 

Perjuangan Menjalani Long Distance Marriage, Benar Gak Moms?
source: https://www.economist.com/


2. Menahan Rasa Rindu

Semua pasangan pasti akan melalui beratnya masa-masa menjalani hubungan jarak jauh. Salah satu yang membuatnya semakin memilukan adalah saat kamu dan pasangan harus sama-sama menahan rindu satu sama lain. Banyak orang bilang bahwa rindu ini merupakan tanda cinta. Namun, perlu diketahui juga bahwa rasa rindu ini juga kerap menyebabkan konflik di mana pasangan bisa menjadi lebih sensitif saat sedang kangen. Setuju, enggak?
 


3. Kecemburuan

Menjalani hubungan yang berjarak dengan pasangan tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Apalagi saat pasangan kita tampak sangat sibuk dengan pekerjaan dan teman-temannya. Tidak heran jika rasa cemburu akan hadir di sela-sela hubungan jarak jauh. Namun, komunikasi dan kepercayaan juga menjadi kunci agar kecemburuan ini tidak berlaru-larut.
 

Perjuangan Menjalani Long Distance Marriage, Benar Gak Moms?
source: https://www.bustle.com/


4. Tidak Ada Kebiasaan Rutin Bersama

Sudah sewajarnya pasangan suami istri memiliki kebiasaan yang rutin dilakukan bersama. Mulai dari bangun tidur, sarapan bersama atau olahraga bersama. Ini tentu tidak dimiliki oleh mereka yang menjalani hubungan jarak jauh. Yang mereka tahu hanyalah waktu liburan untuk menghabiskan quality-time bersama pasangan sebaik-baiknya.
 

baca juga


5. Tak Bisa Melihat Tumbuh Kembang Anak

Terakhir, pasangan yang memiliki anak dan harus menjalani hubungan rumah tangga jarak jauh harus berkorban untuk tidak selalu bersama dengan sang buah hati. Ini artinya adalah kehilangan momen untuk melihat tumbuh kembang anak. Biasanya para ayah akan kehilangan saat-saat untuk melihat anaknya saat pertama kali berjalan, berbicara, atau bersepeda. Ini tentu merupakan perjuangan yang sangat sulit untuk dijalani.