1. Kurangi Durasi Mandi

Durasi mandi yang terlalu lama sangat berisiko tinggi menyebabkan kulit si kecil menjadi lebih kering. Jadi, pastikan untuk menjaga durasi mandi tetap ringkas dan cepat. Hal ini biasanya menjadi lebih sulit jika si kecil adalah anak yang suka bermain air. Pastikan Mommy benar-benar menghindari paparan air yang terlalu lama pada kulit anak agar terhindar dari kulit yang semakin kering. 
 

Jangan Salah, Ini Dia Cara Merawat Bayi dengan Kulit Kering
source: https://baby.lovetoknow.com/


2. Gunakan Air Hangat, Jangan Terlalu Panas

Air panas bisa membuat kulit menjadi kering. Jadi, Mommy harus benar-benar memeriksa suhu air saat akan memandikan si kecil. Air hangat-hangat kuku menjadi lebih direkomendasikan untuk menghindari kulit kering yang semakin parah. 
 


3. Pilih Sabun yang Tepat

Tidak semua sabun cocok untuk digunakan untuk kulit kering. Jika salah memilih sabun, kulit si kecil yang kering bisa menjadi lebih gatal dan perih. Sabun dengan tambahan pelebap bisa menjadi alternatif yang direkomendasikan. Pastikan juga untuk memilih sabun yang sudah teruji klinis dan SLS free
 

Jangan Salah, Ini Dia Cara Merawat Bayi dengan Kulit Kering
source: https://protectbabyskin.com/


4. Gunakan Pelembap Secara Rutin

Untuk menambahkan perawatan pada kulit kering si kecil, kamu bisa mengaplikasikan pelembap pada kulit bayi. Melembabkan kulit bayi ini sangat penting untuk membantu kulit menyerap kelembaban sehingga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Menggunakan pelembap juga bisa mencegah iritasi eksternal dari gesekan baju atau sprei. 
 

baca juga


5. Pilih Pakaian yang Nyaman untuk Kulit

Terakhir, untuk mencegah iritasi kulit semakin parah dari gesekan benda luar, kamu perlu memperhatikan pemilihan pakaian dan sprei tempat tidur si kecil. Pilihlah pakaian dan sprei dengan bahan yang lembut untuk menjaga kulit anak tetap terlindungi. Selain itu, pilih juga pakaian dengan bahan yang sejuk untuk membuat sirkulasi udara di badan tetap baik. Sebaliknya, pakaian dengan bahan yang lebih kasar dan panas bisa memperparah iritasi pada kulit bayi yang kering.