1. Infeksi Vagina

Menjaga organ kewanitaan agar tetap bersih dan sehat sudah wajib kita lakukan sebagai wanita. Dikarenakan penyakit yang menyebabkan wanita menjadi sulit hamil salah satunya adalah infeksi vagina. Nah, penyakit ini bisa terjadi karena hubungan seks bebas dan kurang bersih menjaga area kewanitaan misalnya jarang mengganti celana dalam. Duh, jangan sampai terjadi ya, moms?

source: https://lybrate.com

2. Endometriosis

Nah, jenis penyakit ini banyak dialami wanita lho moms, atau kita sering menyebutnya dnegan kista endometriosis. Jenis kista ini menyerang pada sistem reproduksi wanita di mana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Satu-satunya cara untuk mengatasi penyakit ini agar bisa segera hamil adalah degan jalan operasi pengangkatan kisata endometriosis. 

source: https://livescience.com
baca juga

3. PCOS (Polycystic ovary syndrome)

Sindrom ovarium polikistik atau Polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan gangguan keseimbangan kadar hormonal. Pada sindrom ini, tubuh wanita memroduksi hormon laki-laki (androgen) secara lebih banyak. Nah, biasanya tanda-tanda fisik yang terlihat adalah banyaknya bulu di area wajah terutama di atas bibir (kumis). 

source: http://drfefelova.ca

4. Fibroid Rahim

Penyakit yang membuat wanita sulit hamil selanjutnya adalah penyakit fibroid rahim atau biasa disebut dengan mioma. salah satu penelitian mengatakan, sebanyak 3 dari 4 wanita memiliki fibroid rahim selama hidup mereka, tetapi kebanyakan tidak menyadarinya karena itu sering tidak menimbulkan gejala.Oleh sebab itu moms wajib memeriksakan organ intim kewanitaan sebelum terlambat. Jika diketemukan tanda-tanda fibroid rahim, maka sebaiknya harus segera melakukan operasi. 

source: http://thehealthsite.com