Memiliki bayi mungil adalah kebahagiaan semua orang, terutama kamu ya Moms. Ya, Moms tentunya akan melakukan apapun yang terbaik untuk sang buah hati, terutama untuk mencukupi kebutuhan ASI si kecil meskipun Moms harus kembali bekerja setelah melahirkan.
 
Sebenarnya Moms tidak usah khawatir karena Moms dapat memerah dan menyimpan ASI agar bayi tetap terpenuhi kebutuhan ASI-nya. Nah, tapi Moms nggak boleh sembarangan lho saat menyimpan ASI karena diperlukan beberapa cara agar ASI tetap aman saat diminum oleh si kecil. Pastikan pula Moms menyimpan ASI perah dalam wadah yang bersih, tertutup rapat, dan tidak terkontaminasi oleh kuman dan bakteri.

Biar Nggak Salah! Ternyata Begini Tips Menyimpan ASI yang Benar Moms
source: https://vitasi.net



Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang harus Moms lakukan dalam menyimpan ASI. Agar ASI tetap memiliki kualitas yang bagus dan terhindar dari kontaminasi bakteri maupun kuman yang dapat membahayakan kesehatan si kecil.

  1. Siapkan wadah atau botol penampung ASI yang mudah disterilkan.
  2. Gunakan botol yang sesuai dengan kebutuhan bayi untuk sekali minum, biasanya 125 ml. Jangan mengisi botol tersembut sampai batas penuh karena pada suhu dingin (beku) ASI akan mengembang.
  3. Isi botol penyimpanan maksimal ¾ botol dan jangan lupa untuk menutup botol dengan rapat.
  4. Sebelum dimasukan ke dalam lemari pendingin, berilah label nama, tanggal dan jam Bunda memerah ASI pada setiap botol.
  5. Masukkan ASI perah ke dalam lemari pendingin pada suhu 4 derajat celcius dan jangan sampai beku.
  6. ASI yang disimpan dalam suhu ruangan dapat bertahap 6-8 jam. Lebih dari itu sebaiknya dibuang. Sementara jika ASI disimpan dalam tas pendingin (cooler bag) dengan ice packs didalamnya, dapat bertahan hingga 1 hari. Sedangkan ASI yang disimpan dalam kulkas dapat bertahan hingga 7-8 hari dan ASI yang disimpan dalam freezer bisa bertahan hingga 2 minggu-6 bulan (tergantung suhu freezer).
Biar Nggak Salah! Ternyata Begini Tips Menyimpan ASI yang Benar Moms
source: https://www.verywell.com
baca juga




Ada beberapa hal yang perlu Moms ketahui saat memberikan ASI perah yang disimpan kepada si kecil yaitu dengan menghangatkan ASI terlebih dahulu. Setelah itu masukkan botol ASI ke dalam wadah yang berisi air hangat. Setelah ASI sudah terlihat cair dan hangat barulah diberikan kepada si kecil.

Selain itu, ini merupakan hal yang sangat penting ya Moms sayangnya seringkali disepelekan oleh para orangtua, yaitu jangan pernah memanaskan ASI perah dengan microwave atau di atas kompor karena hal itu hanya akan merusak nutrisi yang terkandung dalam ASI.

Biar Nggak Salah! Ternyata Begini Tips Menyimpan ASI yang Benar Moms
source: http://www.otcdigest.id