1. Tidak Stres Bikin ASI Lancar
Moms, ternyata stres dan kecemasan bisa memperlambat aliran ASI lho. Jadi selama menyusui cobalah untuk tetap rileks dan menjalani hari-hari dengan pikiran positif. Selain banyak beristirahat, ternyata mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi anti-stres dapat membantu ibu merasa lebih bahagia. Adapun makanan itu di antaranya bayam dan kacang-kacangan.
 

source: https://feedingmykid.com


 

baca juga

2. Banyak Minum Air Akan Memengaruhi Produksi ASI
Fyi, sekitar 80 hingga 90 persen ASI merupakan air, jadi sangat dianjurkan saat menyusui kamu minum air lebih banyak, Moms. Ini penting untuk menjaga persediaan ASI untuk si bayi. Minumlah asupan cairan seperti dianjurkan yaitu 1,5 liter air ditambah 800 ml atau sekitar 4 gelas setiap hari. 
 

source: http://www.momjunction.com


 

3. Memperbanyak Konsumsi Kalsium Sangat Membantu Proses Menyusui
Setelah melahirkan, siklus menstruasi akan kembali datang lagi paling cepat dalam waktu sebulan atau bahkan lebih lama. Nah, kembalinya siklus menstruasi ini akan memengaruhi persediaan ASI menjadi turun, terutama di awal-awal menstruasi. Oleh karena itu, kamu wajib mengonsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium untuk mengimbangi hal ini. Salah satu asupan tinggi kalsium adalah susu. Cobalah rutin mengonsumsi susu setiap hari sebelum menyusui ya, Moms. 
 

source: https://www.motherandbaby.co.uk


 

baca juga

4. Makan 5 Kali Sehari
Salah satu cara yang efektif dalam boost ASI adalah dengan mengisi tubuh dengan makanan dan minuman. Untuk itu selama menyusui, kamu dianjurkan untuk makan lebih banyak, bahkan hingga 5 kali sehari, yang mana dibagi dengan 3 kali makan besar, dan 2 kali camilan berupa sayur dan buah-buahan. Hindari mengonsumsi nutrisi kosong selama menyusui ya, Moms karena hal itu akan memengaruhi kualitas ASI.

5. Transfer Probiotik
Saat menyusui, kamu mentransfer nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu lewat ASI yang diminum bayi. Oleh karena itu, penting sekali agar setiap ibu menyusui mengonsumsi asupan kaya nutrisi salah satunya probiotik.  Ibu yang mengonsumsi probiotik selama menyusui, akan merangsang tubuh memproduksi immunoglobulin A (sistem komponen kekebalan yang membantu mempertahankan tubuh terhadap alergen) yang ditransfer ke bayi melalui ASI. Asupan kaya probiotik seperti yogurt dan makanan yang difermentasikan. 
 

source: http://www.momjunction.com