1. Terus Menyusui

Cara paling ampuh untuk memperbanyak Air Susu Ibu adalah dengan terus menyusui si kecil. Pasalnya, produksi ASI tergantung pada kebutuhan bayi. Oleh karena itu, teruslah menyusui agar tubuh mendapat stimulus untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. Disarankan agar Ibu dapat menyusui si kecil 8-12 kali sehari, termasuk pada malam hari untuk mendukung penambahan berat badan bayi.

source: https://breastmilkteststrips.wordpress.com/

2. Pompa Susu Sehabis Menyusui

Dengan memompa ASI setelah menyusui, tubuh akan terstimulasi untuk terus memproduksi ASI. Cara terbaik memberi si kecil ASI adalah langsung dari puting, tetapi untuk kamu yang juga bekerja atau berkegiatan di luar rumah, menyediakan stok ASI adalah pilihan bijak. Selain itu pula kegiatan memompa ASI dapat memperbanyak air susu ibu.

source: http://www.istockphoto.com/photo/manual-breast-pump-and-mother-feeding-a-newborn-baby-gm481373266-69346955
baca juga

3. Kontak Kulit Langsung

Dengan menyentuh langsung kulit bayi saat Ibu menyusui, akan memicu hormon oksitoksin bekerja. Hormon ini disebut juga dengan hormon kasih sayang karena berhubungan dengan perasaan positif ibu terhadap bayi dan berfungsi untuk melancarkan ASI dari alvioli sehingga mudah dihisap oleh bayi.

source: https://breastmilkteststrips.wordpress.com/

4. Bergantian Posisi Menyusui

Salah satu kunci untuk memperbanyak air susu ibu adalah  dengan bergantian posisi saat sedang menyusui bayi. Jangan terpaku hanya pada satu sisi payudara saja, karena aliran susu yang dihisap oleh si kecil pada kedua sisi payudara menandakan adanya permintaan ASI dan tubuh akan meresponnya dengan produksi ASI yang lebih banyak.

source: http://kesehatan.kontan.co.id/news/cara-mudah-atasi-nyeri-saat-menyusui
baca juga

4. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Asupan makanan yang dikonsumsi ibu pada masa menyusui sangat memengaruhi produksi ASI. Jadi perbanyaklah mengonsumsi sayuran seperti bayam, daun katuk, kacang panjang dan buncis atau kamu juga bisa mulai mengonsumsi oatmeal karena banyak ibu sudah membuktikan peningkatan ASI setelah mengonsumsinya.

source: http://healthyfood.eating-healthy-to-lose-weight.info/healthy-food-for-women/

5. Tercukupi Asupan Air Putih


Air putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah untuk memperbanyak air susu ibu. Pasalnya, ASI membutuhkan cairan untuk dapat diproduksi. Nah, jika kamu susah minum air putih, ASI tidak akan maksimal dihasilkan tubuh. Jadi, jangan malas minum air putih, ya.

source: http://www.confusedsandals.com/8-food-items-for-mothers-for-better-lactation/

6. Tidur yang Cukup dan Hindari Stres

Kondisi fisik dan psikis ibu yang tidak baik dapat mengakibatkan sedikitnya ASI untuk si kecil. Oleh karena itu,  ibu disarankan untuk menjaga kesehatan diri sendiri dengan tidur yang cukup dan menghindari stres. Nikmatilah masa-masa menyusui karena dapat mempererat ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi.

source: http://returntonow.net/2016/05/13/mammals-safely-co-sleeping/