1. Mulai Lebih Awal
Kemampuan berjalan sangat dipengaruhi oleh kekuatan otot kaki dan pinggul bayi. Nah, coba stimulasi kekuatan otot-ototnya ini sejak bayi berusia 4 atau 5 bulan. Caranya dengan memegang bayi dengan posisi berdiri. Kebiasaan ini akan membuat otot-otot bayi bertambah kuat seiring dengan pertambahan usianya. 

2. Dorong Bayi untuk Bergerak
Saat si kecil mulai berdiri, maka ia akan penasaran untuk melakukan kemampuan lainnya. Dorong bayi untuk mulai berpindah tempat dengan kedua kakinya dengan meletakkan mainan favoritnya di tempat yang agak jauh darinya. Bayi akan melakukan gerakan merambat dengan berpegangan pada perabotan untuk mengambilnya. 
 

source: http://hdfootagestock.com

3. Berikan Bantuan 
Banyak orang tua yang berpikir kalau bantuan yang tepat untuk bayi agar bisa berdiri adalah mengulurkan kedua tangannya, lalu membantu bayi berdiri. Tapi, ternyata hal ini kurang tepat Moms. Karena bayi malah akan memiringkan tubuhnya ke depan. Lebih baik kamu fokus pada kekuatan otot kaki dan pinggulnya lebih dulu. Kalau otot-otot ini sudah kuat, maka mulailah melatihnya untuk berdiri lalu berjalan. 
 

baca juga

4. Biarkan Bertelanjang Kaki
Saat proses berdiri dan berjalan, biarkan kaki bayi tanpa alas baik kaos kaki maupun sepatu. Selain lewat bantuan, bayi juga akan mengandalkan perasaannya untuk berdiri maupun berjalan, dengan merasakan pijakan kaki pada lantai. Kalau kakinya terhalangi sepatu, maka bayi tidak bisa merasakan hal ini. 
 

source: https://www.shutterstock.com

5. Latih Bayi Berjongkok
Jongkok adalah keterampilan yang sangat penting dan sangat membantu bayi untuk berdiri sendiri. Tempatkan mainan di kaki bayi yang sedang duduk di kursi kecilnya, lalu dorong ia untuk berjongkok dan mengambilnya. Gerakan naik dan turun akan membangun otot pada pinggul dan paha.
 

6. Gunakan Alat Bantu 
Kamu juga bisa menstimulasi bayi jalan dengan memberikannya mainan yang bisa didorong-dorongnya, salah satunya adalah push baby walker. Push baby walker ini efektif melatih si kecil berjalan sendiri. Setelah bayi tampak cukup mantap berjalan, maka lepaskan alat itu darinya dan lihat bagaimana pencapaian kemampuannya. Sebaiknya pindahkan semua perabotan yang menghalangi saat bayi menggunakan push baby walker, agar bayi lebih leluasa bergerak. 
 

source: https://www.walmart.ca

7. Playdate
Moms, bayi akan mudah belajar berjalan apabila melihat temannya yang lain lho. Oleh karena itu, ajak bayi berplaydate ria dengan balita-balita yang sudah bisa berjalan ataupun dengan bayi-bayi seumurannya yang juga sedang berlatih berdiri dan berjalan. Dengan melihat mereka, maka bayi akan terdorong untuk mencontohnya. 

Good luck!