Tongue Tie

Terdapat sebuah kelainan lidah pada bayi yang dikenal dengan istilah tongue tie atau lidah terikat. Kondisi ini sering sekali dialami bayi dan menurut data, ada sekitar 1 dari 100 bayi yang mengalami tongue tie. Kelainan tongue tie terjadi apabila frenulum (pita jaringan di bawah lidah yang mengikatnya dengan bagian bawah mulut) terlalu pendek, sehingga membatasi pergerakan lidah.

Bayi yang tongue tie akan mengalami kesulitan menyusu, karena bagian mulut tidak melekat dengan baik pada payudara ibu. Selain itu, kondisi ini dapat menyebabkan infeksi atau luka pada payudara. 
 

Tongue Tie
source: https://www.emdental.com


 

Penyebab Tongue Tie

Sebenarnya penyebab tongue tie belum diketahui secara pasti, namun beberapa ahli menyatakan kemungkinan besar kondisi ini dipengaruhi oleh faktor genetik. Apabila dalam keluarga ada salah satu yang cadel, maka kemungkinan anak akan menjadi tongue tie. Menurut data, kebanyakan yang mengalami lidah terikat ini adalah bayi laki-laki. 

Salah satu cara sederhana untuk mengetahui apakah bayi tongue tie adalah denga menjulurkan jari kelingking ke dalam mulutnya. Apabila bayi mengisap dan tidak longgar, maka bayi tidak memiliki tongue tie
 

Penyebab Tongue Tie
source: https://www.drstevenlin.com


 

baca juga

Cara Mengobati Tongue Tie

Dampak tongue tie tidak bisa dianggap sepele, salah satunya adalah bayi menjadi kesulitan menyusu sehingga tidak mendapatkan nutrisi yang penuh dari ASI. Akibatnya, bayi menjadi kekurangan gizi, berat badannya sulit naik dan sering sakit.

Nah, apabila si bayi mengalami hal ini maka ia perlu segera mendapatkan pengobatan. Pengobatannya adalah melalui frenotomi atau insisi. Frenotomi atau insisi adalah tindakan medis untuk memotong frenulum atau selaput pada bagian lidah. Dengan menggunting selaput tersebut, lidah bayi pun akan leluasa bergerak.  
 

Cara Mengobati Tongue Tie
source: https://ecodentistryblog.com

Biasanya setelah melakukan frenotomi, bayi dan ibu dianjurkan untuk melakukan fisioterapi dan rajin-rajin menyusui, agar luka bekas potongan tidak menempel kembali.