Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa memasak rendang yang empuk dan lezat. Bukannya empuk, daging sapi yang dimasak malah jadi keras dan tak bisa dimakan. Duh kalau sudah begini, hidangan khas lebaran jadi terasa kurang ‘nendang’ ya, Moms.

Sebelum terlambat, Mommyasia berikan beberapa tips memasak rendang yang empuk dan lezat nih, Moms. Bukan sembarang tips, cara memasak rendang anti gagal ini dari ahlinya masakan Minang lho! Berikut 5 tips memasak rendang anti gagal dari Dian Anugrah seperti dilansir dari Food Detik:

1. Pemilihan Daging


1. Pemilihan Daging
source: https://pixabay.com/

Dalam masakan Minang khususnya rendang, pemilihan bumbu jadi poin penting yang tak boleh asal-asalan. Selain menggunakan beraneka macam bumbu dapur, pemilihan daging sapi yang akan digunakan juga sangat penting, Moms. Hindari proses memasak daging rendang yang terlalu cepat. Pilih daging sapi sirloin jika ingin proses memasak rendang lebih cepat. Namun jika Moms ingin rendang versi komplet, gunakan bagian daging paha atau betis sapi karena tekstur dagingnya cukup keras dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengolahnya.

baca juga

2. Pilih Santan dari Kelapa Tua


2. Pilih Santan dari Kelapa Tua
source: https://pixabay.com/

Moms sebaiknya hindari penggunaan santan instan jika ingin mendapatkan rendang yang lezat. Sebaiknya gunakan santan dari kelapa tua karena memiliki kandungan minyak yang dibutuhkan saat memasak rendang. Dian Anugrah menyarankan untuk menggunakan perbandingan yaitu 1kg daging setara dengan 5 buah kelapa tua. Santan dari kelapa tua juga akan menghasilkan rendang yang harum dengan pengawet alami sehingga rendang jadi lebih tahan lama.

3. Santan Lebih Dominan Agar Rendang Harum


3. Santan Lebih Dominan Agar Rendang Harum
source: https://romadecade.org/

Rendang buatan Moms tak seharum seperti di restoran dan rumah makan Padang? Ternyata penyebab utamanya adalah penggunaan bahan yang tak seimbang, Moms. Aroma rendang akan lebih harum jika penggunaan santan yang lebih dominan. Selain itu, pilih juga bawang yang masih segar agar aroma lebih keluar. Dian Anugrah mengungkap biasanya ia menggunakan bawang kampung dan cabe lado darek dari Bukittinggi.

baca juga

4. Waktu Ideal Memasak Rendang


4. Waktu Ideal Memasak Rendang

Masalah lainnya adalah warna dari rendang yang kurang ‘medok’ dan rasa pedas yang kurang nendang. Warna khas rendang yaitu cokelat kehitaman tak akan muncul jika daging dimasak dalam waktu singkat. Dian Anugrah menuturkan memasak rendang idealnya membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam. Sedangkan untuk rasa pedas dari rendang, Dian Anugrah menyarankan untuk memakai cabe lado derek. Jika tak ingin terlalu pedas bisa menggunakan cabe Jawa, ketumbar, merica, jinten dan rempah lainnya.

5. Agar Rendang Tak Lengket


5. Agar Rendang Tak Lengket
source: https://food.detik.com/

Hindari memasak rendang dengan api besar. Masak rendang dengan api kecil sambil sesekali diaduk agar rendang tak lengket di wajan. Gunakan wajan yang tak terlalu tipis atau pilih kuali besi dengan santan yang banyak. Jangan coba-coba ditinggal saat memasak renang ya Moms jika tak ingin rendang lengket dan malah gosong.