Cek Kesehatan dan Kondisi Fisik

Sangat penting bagi setiap pasangan untuk melakukan pemeriksaan kesehataan sebelum kehamilan. Pemeriksaan kesehatan meliputi pemeriksaan rubella, variesella, pemeriksaan penyakit menular seksual, pemeriksaan penyakit menurun, pemeriksaan organ reproduksi, dan pemeriksaan yang berhubungan dengan kekurangan nutrisi seperti zat besi, kadar hb, kolesterol dan sebagainya.

Jika Moms atau pasangan mengalami masalah kesehatan di atas, maka dibutuhkan waktu selama beberapa saat untuk penyembuhan sebelum Moms siap hamil. Jika hal tersebut tidak dilakukan, kemungkinan Moms akan mengalami masalah dalam kehamilan seperti keguguran, kehamilan yang tidak sehat, dan janin tidak berkembang dengan baik.

Cek Kesehatan dan Kondisi Fisik

Menjaga Berat Badan Tetap Seimbang

Moms menjaga berat badan tetap normal adalah syarat untuk kehamilan sehat. Kekurangan atau kelebihan berat badan memiliki resiko masalah kesuburan. Menjaga berat badan membantu kamu mengatasi masalah hormonal yang mengganggu siklus mentruasi dan masa ovulasi. Moms bisa melihat indeks massa tubuh (Body mass index) secara teratur.

Melalui indeks ini, Moms bisa memperkirakan rasio berat badan dan tinggi badan, dengan rumus berat badan (dalam satuan kilogram) dibagi kuadrat tinggi badan (dalam satuan meter). Jika indeks mom berada pada kisaran angka 19-25, maka berat badan Moms dianggap ideal. Jika kurang atau lebih dari kisaran angkat tersebut, Mom kemungkinan memiliki masalah berat badan. Nah Moms, segeralah konsultasi dengan dokter agar Moms dapat memiliki berat badan ideal, Semangat ya Moms.

Menjaga Berat Badan Tetap Seimbang
baca juga

Lakukan Olahraga Secara Teratur

Olah raga teratur dalam intensitas sedang (seperti jalan kaki atau bersepeda santai) akan  membantu mempercepat masa pembuahan. Di sisi yang lain, olah raga yang terlalu berat seperti berlari, bersepeda, atau berenang akan mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan.
Nah, saat kamu sudah mencoba hamil tapi belum juga berhasil, biasanya dokter akan menyarankan jenis olah raga apa yang bisa Moms lakukan atau menyarankan kamu untuk mengurangi intensitas olah raga tertentu. Lebih lanjut, olah raga teratur juga bisa membuat Moms lebih rileks dan juga memiliki fisik yang sehat untuk hamil sehat sampai masa kelahiran nanti.

Lakukan Olahraga Secara Teratur

Mengonsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Stop makan junk food, hal penting dalam mempersiapkan kehamilan adalah menjaga asupan nutrisi ke tubuh kita. Pola makan seimbang yang terdiri dari protein, buah dan sayur, biji-bijian dan susu akan meingkatkan fungsi reproduksi Mom.The American Pregnancy Association menganjurkan untuk mengonsumsi beberapa zat gizi berikut dapat hamil sehat.

  • Asam folat: Disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400mcg per hari. Asam folat bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau gelap, jeruk, kacang-kacangan serta sereal dan roti yang telah difortifikasi. Mom juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat sebagai tambahan.

  • Kalsium: Dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1000 mg kalsium per hari yang dapat diperoleh dari susu rendah lemak, maupun turunanya.

  • Vitamin : Vitamin b6, vitamin A, vitamin C, dan Vitamin E adalah vitamin yang diutuhkan perempuan yang ingin hamil. Mom bisa mendapatkannya dari serealia seperti beras dan gandum, serta sayur dan buah berwarna cerah. Biasanyavitain pre-natal ini akan menjadi suplemen tambahan dari dokter saat mom berkonsultasi untuk program kehamilan.

Mengonsumsi Makanan Kaya Nutrisi
baca juga

Empat hal diatas bisa kamu lakukan bersama pasangan agar bisa sukses dalam program hamil sehat. Disarankan tetap di bawah pengawasan dokter ya Moms. Mengunjungi dokter sebelum Moms merencanakan kehamilan adlaah tindakan yang tepat. Dan perlu Moms ingat bahwa selama merencanakan kehamilan, kamu harus tetap rileks dan optimis dan melakukan semua usaha dengan gembira. Semoga berhasil, ya.