Keluarnya air mata saat mengiris bawang ternyata diakibatkan oleh asam amino alami yang disebut dengan sulfoksida yang terkandung di dalam bawang. Saat mengiris bawang, dinding sel bawang menjadi rusak sehingga menyebabkan sulfoksida diubah menjadi gas yang bisa mengiritasi mata. Lalu bagaimana caranya mengiris bawang tanpa menangis?

Berikut 7 tips mengiris bawang tanpa menangis seperti dilansir dari Haibunda:

1. Potong di Bawah Air Mengalir


Memotong bawang di bawah air mengalir. Jadi sambil mencuci bawang, Moms bisa langsung memotongnya. Air membantu mencegah senyawa sulfoksida agar tak berhembus ke mata.

baca juga

2. Masukkan ke Dalam Freezer


2. Masukkan ke Dalam Freezer
source: https://image.freepik.com

Simpan bawang ke dalam freezer selama kurang lebih 30 menit sebelum dipotong. Hal ini membuat kandungan sulfoksida di dalam bawang berkurang karena membeku. Mengiris kulit bawang juga menjadi lebih mudah sehingga besar kemungkinan Moms tak akan menangis.

3. Potong di Dalam Air


Memotong bawang di dalam rendaman air. Cara yang ini agak sedikit tricky Moms, tapi cukup berhasil kok untuk membuat kita tak menangis saat mengiris bawang.

baca juga

4. Gunakan Cuka


4. Gunakan Cuka
source: https://pixabay.com/

Cara lain mencegah air mata keluar saat mengiris bawang adalah dengan menggunakan cuka. Caranya cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan sedikit cuka di atas talenan. Larutan cuka akan menghentikan reaksi belerang yang terdapat di dalam bawang.

5. Potong Bagian Atas Bawang


5. Potong Bagian Atas Bawang
source: https://image.freepik.com

Menurut The National Onion Association, produksi air mata saat memotong bawang akan berkurang jika Moms memotong lebih dulu bagian atas bawang. Baru setelah itu kupas kulit bagian luarnya.

6. Jangan Potong Bagian Akar Bawang


Masih menurut The National Onion Association, konsentrasi terbesar senyawa belerang berada di bagian akar bawang. Oleh karena itu, biarkan bagian akar bawang tetap utuh dan tak dipotong agar mata tak pedih saat Moms mengiris bawang.

7. Pakai Kipas Angin


7. Pakai Kipas Angin
source: https://pinterest.cl/

Cara mudah lainnya adalah menggunakan kipas angin. Hembusan angin dari kipas mencegah hembusan gas dari bawang masuk ke mata. Sehingga Moms tak menangis saat mengiris bawang.