Bayam

Selain mengandung zat besi (iron), ternyata bayam juga kaya akan seng (zinc) anti oksidan dan asam folat. Mengkonsumsi zat besi adalah salah satu cara untuk menjaga darah tetap sehat sehingga kita terhindar dari anemia yang mempengaruhi siklus ovulasi. Zinc dapat memperbesar peluang pembuahan sel, karena zinc mempengaruhi pembentukan hormon estrogen dan progesteron yang baik untuk sistem reproduksi Moms. Sedangkan asam folat, adalah nutrisi yang efektif untuk menunjang program kehamilan dan mencegah terjadinya cacat pada janin. Kandungan asam folat dalam bayam tertinggi dibanding kandungan asam folat dalam sayuran lain, yaitu sebesar 194 mcg/100gram

Asparagus

Asparagus dikenal memiliki kandungan asam folat yang sangat penting bagi wanita yang ingin hamil. Penelitian menyebutkan wanita yang mengonsumsi asam folat berpeluang lebih besar dibanding yang tidak mengonsumsi. Selain asam folat, asparagus mengandung vitamin B6 yang dapat mengatur siklus ovulasi sehingga siklus menstruasi Mom pun ikut teratur. Asparagus ini paling enak dimasak dalam bentuk sup lho Moms.

<baca juga>

Brokoli

Brokoli adalah salah satu diantara makanan yang dijuluki superfood karena kandungan nutrisinya yang melimpah dan bermanfaat bagi kesehatan. Sayuran berwarna hijau tua ini mengandung pitoserol, zat yang mengatur keseimbangan hormon yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan. Brokoli juga mengandung magnesium dan klorofil, dua nutrisi yang memberikan efek pembersih racun atau detoksifikasi. Nah Moms, siap-siap beli brokoli yuk, kita bisa memasak berbagai macam menu dengan bahan brokoli.

Kubis

Kubis mungkin bukan makanan favorit, ya? Rasa kubis memang agak getir dan aroma khasnya membuat kita enggan mengonsumsi kubis. Tapi, buat Moms yang sedang melaksanakan program hamil sehat, mau tidak mau harus mulai mengonsumsinya. Kubis dikenal memiliki phytonutrien yang membantu menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh. Selain itu kubis juga memiliki kandungan antioksidan dan asam folat yang tinggi. Masih ragu konsumsi kubis?

<baca juga>

Paprika Merah

Paprika mengandung Vitamin C yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Bagi wanita, asam askorbat (bentuk dari vitamin c) memiiliki peran penting dalam meningkatkan fungsi ovarium dan memperbaiki siklus menstruasi. Moms juga perlu tahu, jika Vitamin C terbukti meningkatkan kualitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan DNA sehingga dapat mengurangi bayi lahir cacat. Oh iya Moms paprika enak lho dibuat salad paprika merah atau oseng daging paprika.

 

Jika saat ini kamu tidak menyukai sayuran, maka mulai sekarang kamu harus lebih akrab dengan mereka. Ini demi suksesnya program kehamilan sehat yang sedang Moms jalankan. Kamu bisa membeli sayuran yang sekiranya mudah didapatkan atau dapat dibeli di pasar terdekat dengan tempat tinggal. Pilih sayuran yang segar, masih baru, dan berwarna cerah. Jika memungkinkan, pilihlah sayuran organik. Lalu mulailah browsing resep sayuran yang sesuai selera. Semangat melakukan diet sayur sehat ya Moms. Salam.