1. Berikan Penjelasan di Awal

Sangat penting bagi Mommy untuk mengajak si kecil berbicara tentang uang yang akan diterimanya di hari raya. Uang THR yang ia terima mungkin memang hanya sebagai bentuk perayaan kecil dan tradisi keluarga yang tidak begitu serius. Namun, ini bisa kamu manfaatkan sebagai media pelatihan pengaturan keuangan bagi anak. Berikan penjelasan bahwa uang yang ia terima harus bisa dikelola dengan baik dan tidak boleh dihambur-hamburkan untuk berbelanja hal yang tidak penting.
 

Tingkatkan Finansial Literasi Anak, Ini Cara Mengajarkan Anak Mengatur Uang THR


2. Perkenalkan Anak Manfaat Uang

Selanjutnya, beritahu si kecil bahwa uang itu tidak hanya dapat digunakan untuk membeli permen atau camilan kesukaannya. Ia bisa mendapatkan banyak hal yang lebih dari itu jika ia menginginkannya. Pengelolaan keuangan yang baik akan memberikan keuntungan yang juga lebih besar. 
 


3. Menahan Diri untuk Sesuatu Lebih

Ia mungkin bisa saja mendapatkan 10 ribu rupiah saat bertamu ke rumah tetangga. Jika ia langsung menggunakannya untuk membeli cokelat, tentu ia akan mendapatkan kepuasan di saat itu. Namun, kebahagiaan akan hilang saat cokelat itu habis. Berbeda dengan saat ia bisa menahan diri dan mengumpulkan semua uang THR yang diterimanya. Mungkin ia bisa memperoleh beberapa ratus ribu untuk dibelikan sesuatu yang lebih berkesan. Ajarkan nilai bahwa terkadang menahan diri dan bersabar dapat membantunya mendapat sesuatu yang lebih baik.
 

Tingkatkan Finansial Literasi Anak, Ini Cara Mengajarkan Anak Mengatur Uang THR
source: https://www.blackenterprise.com/


4. Biarkan Anak Menyimpan Uangnya Sendiri

Jika kamu ingin mengajarkan anak tentang pengaturan uang yang baik, biarkan anak menyimpan dan memegang uangnya sendiri. Jangan memaksa ia untuk "menyetor" uang padamu karena itu malah dapat membuatnya kehilangan kesempatan untuk belajar. Namun, hal ini tetap memerlukan pendampingan dan mintalah ia untuk terbuka tentang apa yang ia ingin lakukan pada uang tersebut.
 

baca juga


5. Siapkan Tabungan Anak

Terakhir, Mommy juga bisa membukakan rekening tabungan untuk anak-anak. Ia akan sangat bersemangat jika pergi ke bank untuk membuka sendiri akun tabungannya. Biarkan ia berinteraksi langsung dengan petugas bank. Tentu ini juga dilakukan dalam pendampingan orangtua. Cara ini bisa membuat anak menjadi lebih bersemangat untuk menabung.