1. Siapkan Pertanyaan

1. Siapkan Pertanyaan
source: https://media.30seconds.com

Jika ini adalah kehamilan pertamamu, ada baiknya banyak-banyaklah bertanya kepada dokter kandungan mengenai hal apapun yang berkaitan dengan kehamilan. Misalnya Moms bisa menanyakan tentang posisi, kondisi, atau kelainan yang mungkin terjadi pada janin. Semakin banyak kamu bertanya, maka Moms bisa mempersiapkan kelahiran Si kecil dengan baik. Selain itu lakukan dengan baik apa yang disarankan oleh dokter kandungan. 

2. Banyak Minum Air Putih

2. Banyak Minum Air Putih
source: https://www.absopure.com

Mengonsumsi air putih kurang lebih 8 gelas sebelum melakukan USG, dapat membuat hasil USG tampak jelas lho, Moms. Sedangkan untuk usia kehamilan masih muda, Moms dianjurkan untuk banyak minum air putih enam jam sebelum melakukan USG.  Selain itu disarankan untuk tidak buang air kecil sekitar satu jam sebelum pemeriksaan. Hal inin bertujuan agar kandung kemih Moms menjadi penuh, sehingga gambar janin saat USG menjadi lebih jelas. 

baca juga

3. USG di Waktu yang Tepat

3. USG di Waktu yang Tepat
source: https://chriskresser.com

Setelah Moms sudah menentukan dokter kandungan dan jenis USG apa yang dipilih, langkah selanjutnya adalah melakukan USG di waktu yang tepat. Pemeriksaan USG sebaiknya Moms lakukan sejak usia kehamilan 6-7 minggu. Di usia kehamilan ini, Moms dapat mendengarkan denyut jantung janin lho. Jika ingin mengetahui jenis kelaminnya, Moms bisa melakukan pemeriksaan pada usia kandungan 18 minggu. Nah, saat usia kehamilan sudah 32 minggu, hasil USG akan semakin jelas dan Moms bisa melihat wajah Si calon buah hati. Jadi lakukan USG di waktu yang tepat ya Moms untuk bertemu Si kecil di dalam perut. 
 

4. Hilangkan Rasa Khawatir

4. Hilangkan Rasa Khawatir
source: https://www.nordicnaturals.com

Sebelum berangkat ke dokter kandungan untuk melakukan USG, istirahatlah terlebih dahulu dan ciptakan rasa nyaman dalam diri. Jangan lupa makan sebelum USG namun jangan sampai kekenyangan ya Moms. Selain itu hilangkan rasa khawatir sebelum Moms melakukan USG, intinya ciptakan rasa nyaman dalam diri agar bisa melihat wajah Si kecil dengan jelas. Mintalah suami atau keluarga untuk menemani Moms melakukan pemeriksaan USG ya.