1. Bebas BPA 
Bisphenol-A, juga dikenal sebagai BPA, adalah zat kimia yang menghasilkan zat seperti hormon dalam tubuh, dan beberapa penelitian telah menunjukkan kalau BPA dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya. Penggunaan bahan BPA dalam botol susu bayi sudah dilarang sejak lama, tapi mungkin masih ada produsen yang agak nakal dan menggunakan bahan yang mengandung BPA untuk membuatnya. Oleh karena itu, belilah botol susu bebas BPA (BPA free) agar si kecil aman dari penyakit ya, Moms! 

 

source: https://www.babycenter.com
baca juga

2. Kaca atau Plastik? 
Ada berbagai jenis botol susu bayi tapi yang sering dijumpai adalah yang terbuat dari bahan plastik atau kaca. Botol kaca sudah tentu BPA free, bisa disterilkan di dalam microwave dan tahan lama daripada botol plastik. Hanya saja botol kaca lebih berat, mudah pecah dan cenderung lebih mahal. Sementara botol susu plastik ada yang dibuat sedemikian rupa sehingga tahan panas dan lebih ringan. Kekurangan botol plastik ada mudah rusak dan ASI menempel di dalamnya. Kedua botol ini masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Pilihlah menurutmu yang sesuai dengan kebutuhan. 
 

source: https://www.babygearlab.com

3. Anti Bocor
Tiap tetes ASI sangat berharga, Mom dan kamu pasti akan menangis kalau ASI itu tumpah dari botol. Oleh karena itu, belilah botol susu yang punya spesifikasi anti bocor atau setidaknya meminimalisir ASI merembes keluar. 

4. Mudah Dibersihkan 
Jangan sepelekan soal kebersihan botol bayi. Setiap sudah digunakan, botol bayi perlu dibersihkan dan pilihlah botol bayi yang praktis dan mudah dibersihkan. 
 

source: http://noorulainali.com
baca juga

5. Tahan Lama
Biar lebih hemat, sebaiknya belilah botol susu yang bisa digunakan bayi dalam waktu yang lama. Artinya botol ini punya kualitas yang bagus atau tidak mudah rusak. Selain itu, beberapa merek sudah menyediakan botol susu sekaligus sippy cup, sehingga bisa digunakan saat bayi sudah memegangnya saat minum sendiri. 

6. Harga Botol
Cukup penting untuk mempertimbangkan soal harga. Harga botol susu bermacam-macam sesuai dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan. Oleh karena itu, sesuaikan membeli dengan kemampuanmu, Moms. Kadang kamu membeli botol tapi tidak disukai bayi, sehingga kamu pun harus merogoh kocek untuk membeli botol yang lain. 
 

source: https://tribune.com.pk