Agar lebih aman dan tak berbahaya untuk anak, coba gunakan cara alami untuk mengusir nyamuk, Moms. Salah satunya adalah menggunakan tanaman yang bisa mengusir nyamuk dan bisa Moms letakkan di beberapa sudut rumah dan pekarangan.

Berikut 12 tanaman pengusir nyamuk yang bisa Moms tanam di rumah seperti dilansir dari Popsugar:

1. Basil


1. Basil
source: https://pixabay.com/

Tak hanya menambah citarasa masakan, basil juga sangat efektif mengusir nyamuk. Moms bisa menanamnya di sekitar rumah atau menanamnya dalam pot kecil dan meletakkannya di jendela, teras rumah hingga samping wastafel.

baca juga

2. Catnip


Beberapa penelitian melaporkan bahwa tanaman catnip 10 kali lebih ampuh mengusir nyamuk dari pada obat anti nyamuk spray. Tak hanya mengusir nyamuk, semua jenis tanaman catnip ini juga jadi hiburan kecil untuk kucing peliharaanmu lho, Moms. Ya, karena kucing sangat menyukai jenis tanaman ini.

3. Citronella


3. Citronella
source: https://pixabay.com/

Hancurkan beberapa helai daun citronella lalu oleskan pada kulit untuk mengusir nyamuk. Moms juga bisa mengombinasikan citronella dengan bahan pengusir nyamuk lainnya. Untuk kenyamanan, letakkan tanaman ini dalam pot di teras rumah dan gunakan untuk mengusir nyamuk saat dibutuhkan.

baca juga

4. Eucalyptus


4. Eucalyptus
source: https://www.pexels.com/

Selain mengobati batuk, pilek dan meredakan nyeri sendi, tanaman eucalyptus atau kayu putih juga ampuh mengusir nyamuk. Tanaman ini dapat tumbuh hingga setinggi 60 kaki, jadi Moms bisa menggunakannya untuk mengusir nyamuk selama bertahun-tahun.

5. Bawang Putih


Aroma bawang putih yang tajam tak disukai banyak serangga kecil termasuk nyamuk sehingga sangat ampuh mengusirnya. Tapi hati-hati jika Moms menanam tanaman ini di rumah ya, karena tak semua orang menyukai aromanya.

6. Geranium


6. Geranium
source: https://www.pexels.com/

Geranium termasuk jenis tanaman yang mudah perawatannya. Tak hanya cantik saat berbunga, tanaman ini juga mampu mengusir nyamuk. Jadi, nggaj ada salahnya nih Moms menanam geranium di rumah sebagai tanaman hias dan juga pengusir nyamuk.

7. Lavender


7. Lavender
source: https://pixabay.com/

Harumnya aroma lavender ampuh mengusir nyamuk. Apalagi saat berbunga, aroma bunga lavender saat mekar jadi pengharum ruangan terbaik di rumah.

8. Lemon Balm


Hancurkan beberapa helai daun lemon balm dan oleskan pada kulit untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini sangat kuat sehingga Moms dapat meletakkannya di dalam ruangan atau di pekarangan rumah sepanjang tahun.

9. Serai


9. Serai
source: https://pixabay.com/

Sudah jadi rahasia umum jika serai sangat ampuh mengusir nyamuk. Moms bisa menanamnya di pekarangan rumah untuk mengusir nyamuk dan juga sebagai bumbu masakan.

10. Mint


10. Mint
source: https://www.pexels.com/

Tak hanya cocok untuk menghiasi minuman, daun mint juga jadi pengusir nyamuk yang fenomenal. Letakkan tanaman ini dalam pot kecil agar Moms bisa meletakkannya dimanapun dan dapat menggunakannya kapanpun saat dibutuhkan.

11. Peppermint


11. Peppermint
source: https://pixabay.com/

Minyak dari tanaman ini mampu mengusir nyamuk serta meredakan rasa gatal dari gigitan nyamuk. Daun peppermint juga cocok diletakkan dalam segelas cokelat panas dan makanan lainnya.

12. Rosemary


12. Rosemary
source: https://pixabay.com/

Rosemary secara alami mengusir nyamuk. Moms juga bisa mengombinasikannya dengan bahan alami lain untuk membuat lotion penangkal nyamuk di kulit. Tanam dalam pot dan letakkan di teras atau di dalam ruangan sebagai penangkal nyamuk.