Biji kurma dianggap tak bermanfaat dan hanya diambil dagingnya saja. Tapi ternyata, biji kurma punya segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Biji kurma juga bagus untuk memperlancar ASI (Air Susu Ibu) lho, Moms.

Manfaat Biji Kurma


Manfaat Biji Kurma
source: https://health.detik.com/

Melansir dari CNN Indonesia, biji kurma bermanfaat sebagai antioksidan alami, mencegah kerusakan ginjal dan hati serta mencegah kerusakan DNA. Biji kurma juga bersifat sebagai antivirus, mencegah infektivitas Pseudomonas phage dan mencegah bakteri lisis.

Kandungan kalsium, magnesium dan mineral dalam biji kurma bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Serat dalam biji kurma juga membantu melancarkan pencernaan serta kandungan zat besi yang mencegah hingga mengatasi anemia.

Segudang manfaat biji kurma ini juga dibahas dr. Zaidul Akbar di laman instagramnya. Dokter yang terkenal dengan ramuan JSR (Jurus Sehat Rasulullah) ini mengungkap bahwa biji kurma dapat menajamkan penglihatan dan meredakan sakit gigi. Biji kurma yang dibakar bisa digunakan untuk menumbuhkan bulu mata.

Untuk ibu menyusui, biji kurma bermanfaat memperlancar ASI. Asam amino dalam biji kurma sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuh.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat biji kurma, lalu bagaimana cara mengonsumsinya?

baca juga

Kopi Biji Kurma


Kopi Biji Kurma
source: https://pixabay.com/

Salah satu cara enak dan lezat mengonsumsi biji kurma adalah dengan menjadikannya kopi. Menariknya, kopi yang terbuat dari biji kurma berbeda dengan kopi biasanya. Tingginya kandungan gizi dalam kopi biji kurma mampu mengontrol gula darah, sebagai pencahar, melembutkan selaput lendir dan meningkatkan nafsu makan.

Resep Kopi Biji Kurma


Resep Kopi Biji Kurma
source: https://food.detik.com/

Berikut resep dan cara membuat kopi biji kurma dari dr. Zaidul Akbar.
Bahan yang dibutuhkan:

  • Biji kurma secukupnya
Cara membuat kopi biji kurma:
  1. Cuci bersih biji kurma
  2. Rendam biji kurma dalam wadah, ulangi beberapa kali
  3. Lalu cuci biji kurma dengan air hangat
  4. Selanjutnya gosok-gosok biji kurma dengan tangan dan rendam sekali lagi
  5. Jemur biji kurma di bawah sinar matahari selama 7-10 hari
  6. Setelah biji kurma mengering, giling atau haluskan
  7. Kopi biji kurma bisa dikonsumsi dengan segelas air hangat

Sebagai catatan dan perlu diingat, kopi biji kurma tak bisa dikonsumsi untuk Moms yang sedang hamil muda atau 3 bulan pertama kehamilan ya.