1. Lakukan Cek Kesehatan

1. Lakukan Cek Kesehatan
source: https://cdn.kinsights.com

Luangkanlah waktu untuk mengecek kondisi kesehatan pengasuh anak secara berkala. Hal ini adalah syarat yang cukup penting karena Si pengasuh akan merawat anak Moms setiap harinya. Selain itu Moms juga harus sering memerhatikan jika Si pengasuh memiliki gejala sakit atau kurang enak badan. Mintalah ia untuk beristirahat terlebih dahulu dan segera memeriksakan kesehatannya ke dokter. Jika demikian, Moms bisa meminimalisir risiko penyebaran virus Covid-19 kepada anggota keluarga. 
 

2. Cari Pengasuh yang Ingin Tinggal Bersama

2. Cari Pengasuh yang Ingin Tinggal Bersama
source: https://www.newyorkfamily.com
Selama masa pandemi COVID-19 ini Moms wajib ekstra ketat terhadap apapun, tak terkecuali pengasuh yang akan Moms gunakan jasanya untuk menjaga Si kecil. Alangkah lebih baik Moms mecari pengasuh yang mau tinggal bersama di rumah. Hal ini untuk mencegah risiko penularan virus COVID-19 jika pengasuh berinteraksi dengan orang lain selain anggota keluarga Moms. Setidaknya cari pengasuh yang mau tinggal bersama di rumah hingga pandemi COVID-19 benar-benar berakhir. 
 
baca juga

3. Edukasi Pengasuh Soal COVID-19

3. Edukasi Pengasuh Soal COVID-19
source: https://cdn.kinsights.com

Meski pengasuh Moms secara garis besar sudah mengetahui apa itu virus corona, tapi Moms harus tetap memberikan edukasi soal COVID-19. Berbicaralah dengan pengasuh apa itu virus COVID-19 dan bagaimana virus tersebut bisa menular dengan cepat. Selain itu beritahu pengasuh soal protokol kesehatan yang harus ia lakukan untuk dirinya sendiri dan juga terhadap anak Moms yang akan ia rawat setiap harinya. Nah, dengan begitu pengasuh anak bisa menjaga kesehatan dirinya dan juga sekitar. 
 

4. Minta Pengasuh untuk Jujur Soal Kondisi Kesehatan

4. Minta Pengasuh untuk Jujur Soal Kondisi Kesehatan
source: https://cdn.kinsights.com

Sebagai orang yang menggunakan jasa pengasuh anak, Moms harus sering berkomunikasi dengan Si pengasuh. Anggaplah ia sebagai bagian dari keluarga kita, sehingga ia menjadi lebih nyaman. Di tengah pandemi COVID-19 seperti ini mintalah pengasuh untuk selalu jujur soal kondisi kesehatannya. Mintalah ia untuk selalu memberitahu Moms jika ia sedang sakit atau mengalami gejala-gejala mirip dengan virus COVID-19. Hal ini sangat penting dilakukan agar Moms bisa mengambil tindakan cepat jika terjadi sesuatu dengan pengasuh. Selain itu berilah ia upah tambahan, karena bagaimanapun bekerja di tengah pandemi bukanlah hal mudah.