1) Matikan Pendingin Ruangan di Kamar Anak

Tips merawat anak sakit flu yang pertama adalah menjaga udara kamar anak tetap lembap dengan mematikan AC, karena penggunaan pendingin udara ini membuat udara jadi kering. Kamu juga bisa memasang uap untuk mempertahankan kelembapan udara di kamar. Udara yang lembap akan membantu melegakan pernapasannya saat tidur.

source: http://www.pingminghealth.com/article/1751/why-does-my-childs-head-sweat-so-much-while-hes-sleeping/


2) Berendam atau Mandi Air Hangat

Kalau flu tidak disertai demam, maka kamu bisa mengajak anak mandi atau berendam. Gunakan air hangat untuk membantu meringankan gejala flu yang dialaminya. Setelah mandi, anak akan merasa segar dan nyaman.

source: http://dailymom.com/nest/5-festive-ways-to-warm-up-from-the-cold/


 

baca juga



3) Banyak Minum dan Konsumsi Sayur & Buah

Saat terserang flu, jaga tubuh Si Kecil tetap terhidrasi. Hidrasi bisa berasal dari air putih, sup, jus maupun yogurt. Yogurt sangat dianjurkan karena mengandung probiotik yang ampuh meredakan influenza. Jangan lupa meminta anak agar makan sayur dan buah karena vitamin di dalamnya sangat berguna membuat kesehatannya pulih kembali.

source: http://enrichyourday.com/5-myths-childrens-diets-products-not-healthy-think/


 



4) Cuci Tanganmu Sebelum Menyentuh Si Kecil

Sebaiknya selalu mencuci tanganmu sehabis melakukan sesuatu, dan sebelum menyentuh tubuh anak. Karena dikhawatirkan, kuman yang menempel pada tangan malah dapat memperparah sakit yang diderita buah hatimu. Yang tak kalah penting, jangan biarkan ada kontak fisik antara anak dengan anggota keluarga yang juga sedang sakit.

source: http://www.huffingtonpost.com/2013/06/11/proper-hand-washing-clean-_n_3417401.html


 

baca juga



5) Istirahat yang Cukup 

Mungkin akan sulit meminta Si Kecil untuk berhenti dari aktivitas bermainnya untuk sementara dan menyuruhnya beristirahat. Tapi, kalau soal ini kamu perlu agak keras kepadanya. Cukup istirahat sangat penting bagi siapapun yang sedang sakit, termasuk sakit flu. Anak juga tak perlu masuk sekolah untuk sementara waktu dan beraktivitas di luar rumah, agar tidak menulari teman-temannya yang lain.
 

source: http://www.ahchealthenews.com/2014/01/07/study-resting-kids-brains-speeds-concussion-recovery/